Ketegangan Taiwan-Tiongkok Memanas, Tsai Ing-Wen Tawarkan Bantuan kepada Hong Kong

- 25 Mei 2020, 16:09 WIB
SIARAN langsung upacara pelantikan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen yang terlihat di sebuah televisis di sebuah toko, di Taipei, Taiwan, Rabu 20 Mei 2020.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah ketegangan antara Taiwan dan Tiongkok, Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen menyatakan akan memberi rakyat Hong Kong "bantuan yang diperlukan".

Pikiran Rakyat.com sebelumnya mempublikasikan terkait sinyal dari Tiongkok yang akan menguasai Taiwan usai aksi latihan militer Tiongkok di Laut China Selatan yang masih dipersengketaan.

Baca Juga: Breaking News: Update Kasus Virus Corona Indonesia Senin 25 Mei 2020, Total Positif 22.750 Orang

Militer Amerika Serikat (AS) sempat diturunkan untuk mendekati wilayah Taiwan menyusul pelantikan Tsai Ing-Wen.

Kehadiran militer Tiongkok di Laut China Selatan seolah memberi sinyal pengambilalihan Taiwan yang bisa memicu ancaman perang dunia ke III.

Baca Juga: Pasar Antri Klaster Baru Covid-19 di Cimahi, Sumber Awal Virus Corona Ditelusuri

Tawaran bantuan Tsai Ing-wen kepada Hong Kong itu muncul setelah ribuan orang di wilayah kekuasaan Tiongkok itu memprotes rencana Beijing untuk memberlakukan undang-undang keamanan nasional yang baru.

Taiwan telah menjadi tempat perlindungan bagi semakin banyak demonstran prodemokrasi yang melarikan diri dari Hong Kong, yang telah diguncang unjuk rasa anti-Tiongkok dan antipemerintah sejak tahun lalu.

Baca Juga: Balon Udara Liar Berukuran Besar Berkeliaran di Sekitar Bandara, Pilot Sempat Diberi Peringatan

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X