Virolog Tiongkok Klaim Temukan Jenis Kelelawar Inang COVID-19

- 25 Mei 2020, 13:44 WIB
HEWAN kelelawar dalam habitat aslinya.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Sejak pandemi virus corona jenis baru SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 melanda, sebagian besar negara di dunia terutama Amerika Serikat (AS) mendesak Tiongkok untuk ungkap asal dari virus yang mematikan tersebut.

Terkait asal muasal virus corona itu, Ahli virologi Tiongkok, Shi Zhengli, memberikan perhatian studinya terhadap kelelawar jenis tapal kuda yang menurut dia sebagai inang dari COVID-19.

Baca Juga: Sang Adik Positif COVID-19, Kediaman Via Vallen Didatangi Satpol PP hingga Polisi

Dalam penelitiannya dia menemukan adanya sebuah ras hasil evolusi antara virus corona dan inangnya.

Evolusi itu, sebut Shi, dapat menimbulkan beragam genetik di dalam virus tersebut sebagaimana dikutip Global Times, Minggu 24 Mei 2020.

loading...

Baca Juga: Sakit Hati Diejek, Seorang Warga Baleendah Bandung Tusuk Teman hingga Tewas di Hari Idul Fitri

Pada saat dunia sedang berusaha keras mencari kesimpulan asal virus dan menuduh Tiongkok atas lepasnya virus corona dari sebuah laboratorium di Lembaga Virus Wuhan (WIV), Shi memublikasikan temuan barunya yang menegaskan bahwa Rhinolophidae salah satu jenis kelelawar yang merupakan inang dari COVID-19.

Penelitian itu mendapati kelelawar jenis itu membawa banyak virus corona dengan keragaman genetik yang tinggi, terutama dalam protein lonjakan yang menempel pada sel manusia dan menginfeksinya.

Baca Juga: Adik Penyanyi Dangdut Via Vallen Positif Terinfeksi COVID-19

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X