COVID-19 Memburuk dengan Angka Kematian Hampir 100 Ribu, AS Batasi Perjalanan dari Brasil

- 25 Mei 2020, 12:34 WIB
KUBURAN terbuka dan sudah terisi terlihat saat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di pemakaman Vila Formosa, pemakaman terbesar di Brazil, di Sao Paulo, Brazil, Jumat (22/5/2020). Foto diambil dengan drone. /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Pandemi COVID-19 kian memburuk. Angka kematian akibat COVID-19 di Amerika Serikat (AS) hampir mencapai 100.000 kasus. 

Semakin tingginya angka kematian COVID-19, pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan pada Minggu 24 Mei 2020 bahwa pihaknya membatasi perjalanan dari Brasil ke AS, dua hari setelah wabah COVID-19 di negara Amerika Selatan itu memburuk dengan jumlah kasus tertinggi ke dua di dunia.

Baca Juga: Pebisnis Singapura Rayakan Idul Fitri 2020 dengan Memasak untuk Pekerja Migran yang Dikarantina

Pembatasan perjalanan itu menjadi pukulan bagi Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang selama ini mengikuti langkah-langkah Presiden AS Donald Trump dalam menangani pandemi, misalnya meremehkan pembatasan sosial serta mempromosikan obat yang belum terbukti secara ilmiah bisa menyembuhkan COVID-19.

"AS tetap menjaga hubungan yang erat yang Brasil dan kami juga bekerja sama untuk menanggulangi dampak sosial-ekonomi dan kesehatan dari wabah COVID-19 di Brasil," demikian Kedutaan Besar AS di Brasilia dalam sebuah pernyataan.

loading...

Baca Juga: Taiwan Janjikan Bantuan Bagi Rakyat Hong Kong Terkait Undang-undang Keamanan Nasional

Pembatasan perjalanan yang baru ini akan berlaku mulai 28 Mei, menurut Kedutaan Besar AS, yakni dengan melarang orang--yang kebanyakan bukan warga AS--melancong ke AS jika mereka sempat singgah di Brasil dalam dua pekan terakhir.

Sementara para pemegang izin tinggal, kerabat dekat warga negara AS, serta kru penerbangan akan menjadi pengecualian.

Baca Juga: Tenggelam di Perairan Kepulauan Aru dan Telan Korban, Nahkoda Kapal Dijadikan Tersangka

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X