Thailand Uji Coba Vaksin Covid-19 kepada Monyet, Hasilnya Terlihat September 2020

- 24 Mei 2020, 13:12 WIB
PRAMUNIAGA di salah satu pusat perbelanjaan di Bangkok, Thailand, menggunakan face shield saat bekerja di tengah pandemi Covid-19.* /REUTERS

PIKIRAN RAKYAT – Thailand mulai menguji vaksin melawan virus setelah percobaan sebelumnya juga pernah dilakukan kepada tikus.

Menteri pendidikan tinggi, ilmu pengetahuan, dan penelitian dan inovasi Thailand, Suvit Maesincee, mengatakan para peneliti telah mendukung pengujian vaksin ke monyet.

Targetnya, seperti dilansir Reuters, "hasil yang lebih jelas" dari manfaatnya terlihat pada bulan September 2020.

 Baca Juga: Rano Karno Ungkap Kesedihannya di Idul Fitri Tahun Ini: Kita Berharap Ujian Ini Tidak Terlalu Lama

"Proyek ini adalah untuk umat manusia, bukan hanya untuk orang Thailand. Perdana Menteri (Prayuth Chan-ocha) telah menguraikan kebijakan kami dan harus mengembangkan vaksin dan bergabung dengan tenaga kerja di dunia dalam hal ini," kata Suvit, Sabtu, 23 Mei 2020.

Thailand mengumumkan pada hari Rabu mengumumkan bahwa mereka mengembangkan vaksin - salah satu dari 100 vaksin potensial di seluruh dunia - dan berharap untuk memproduksinya pada tahun depan.

Suvit mengatakan bahwa Thailand telah mulai memesan dua pabrik untuk vaksinnya untuk COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh coronavirus yang baru.

 Baca Juga: Daftar 10 Negara dengan Skill Gamer Terbaik di Dunia

Sejak virus baru muncul di Tiongkok akhir tahun lalu, COVID-19 telah menyebar di seluruh dunia, menginfeksi lebih dari 5 juta orang dan membeli lebih dari 300.000. 

Vaksin Thailand menggunakan messenger RNA, yang mendorong sel-sel tubuh untuk menghasilkan antigen, molekul di permukaan virus, yang memacu sistem kekebalan tubuh untuk beraksi.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X