Selasa, 2 Juni 2020

Brasil Kini Urutan Kedua, Jumlah Kasus Virus Corona Bahkan Diduga Lebih Besar dari yang Dilaporkan

- 23 Mei 2020, 13:05 WIB
Penggali kubur membawa peti mati Avelino Fernandes Filho, 74, yang meninggal karena penyakit coronavirus (COVID-19), selama pemakamannya di Rio de Janeiro, Brasil, 18 Mei 2020.* /REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Brasil menjadi nomor dua dunia untuk kasus-kasus virus corona pada hari Jumat, nomor dua setelah Amerika Serikat, setelah negara itu mengkonfirmasi bahwa 330.890 orang telah terinfeksi oleh virus tersebut, menyusul Rusia, kata Kementerian Kesehatan.

Brasil mencatat 1.001 kematian akibat virus corona setiap hari pada hari Jumat, menjadikan total kematian menjadi 21.048, menurut Departemen Kesehatan.

Di Sao Paulo, kota yang paling parah dilanda, video udara memperlihatkan barisan lubang makam di Pemakaman Formosa.

Baca Juga: Gadis Muda Ditarif Rp 150 Ribu, Area Prostitusi Gang Royal Libatkan Banyak Pemain

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters, Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro telah banyak dikritik karena penanganannya terhadap wabah virus corona dan juga menjadi pusat krisis politik yang semakin dalam.

Jair Bolsonaro menghadapi sejumlah masalah seperti mengkhawatirkan popularitasnya anjlok, mengambil kebijakan langkah sosial yang malah memperparah, penggunaan obat chloroquine yang belum terbukti dan perselisihan dengan pejabat kesehatan masyarakat yang berpengalaman.

Jumlah sebenarnya kasus dan kematian kemungkinan lebih tinggi dari angka yang dilaporkan, karena negara dengan ekonomi terbesar di Amerika Latin itu lambat untuk meningkatkan pengujian.

Baca Juga: Gelandang Persib Ghozali Siregar Rasakan Perbedaan Lebaran akibat Pandemi COVID-19

Wabah semakin cepat. Pada hari Senin, Brasil menyalip Inggris untuk menjadi negara dengan jumlah infeksi tertinggi ketiga. Lalu melampaui Rusia pada hari Jumat, tetapi tidak mungkin untuk segera melewati Amerika Serikat lantaran saat ini negara dengan ekonomi nomor 1 di dunia itu memiliki lebih dari 1,5 juta kasus.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X