Siaga terhadap AS, Tiongkok Kerahkan Pesawat Anti-kapal Selam di Laut China Selatan

- 15 Mei 2020, 11:07 WIB
SEBUAH pesawat Y-8 untuk misi patroli anti-kapal selam.* /China Military via Global Times

PIKIRAN RAKYAT - Gambar citra satelit baru-baru ini menunjukkan bahwa Tiongkok mengerahkan pesawat anti kapal selam di pulau buatan Fiery Cross Reef, Laut China Selatan.

Hal ini dilakukan setelah meningkatnya kegiatan militer AS di kawasan perairan sengketa itu.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Global Times, pada Kamis, 14 Maret 2020, Tiongkok mengatakan bahwa negaranya memiliki hak untuk mengerahkan senjata pertahanan di sana jika ada ancaman militer.

Baca Juga: Aura Kasih Buka-bukaan soal Novel Renjana yang Diambil dari Lagu Milik Glenn Fredly 

Media Taiwan sebelumnya melaporkan dengan mengutip foto satelit yang diambil oleh ImageSat International pada hari Sabtu, 9 Mei 2020, Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) telah mengerahkan sistem peringatan dini, kontrol udara (KIT-C) 500 KJ-500 dan sistem patroli maritim KQ-200, yang juga dikenal sebagai pesawat anti-kapal selam Y-8 di pangkalan permanen di Yongshu Reef atau Fiery Cross, Laut China Selatan.

loading...

Laporan itu menyebut foto-foto satelit menunjukkan hanggar pesawat di dekat landasan udara Fiery Cross dipasang dengan pendingin udara, menunjukkan pesawat militer siap untuk ditempatkan lebih lama.

Selain itu, media Taiwan juga mengklaim bahwa berdasarkan foto satelit itu ada indikasi bahwa PLA merencanakan zona identifikasi pertahanan udara di Laut China Selatan.

Baca Juga: Ingin Hidupnya Bermanfaat, Nia Ramadhani Ajak Masyarakat Manfaatkan Waktu PSBB dengan Berdonasi

Dugaan pengerahan pesawat militer Tiongkok itu muncul setelah AS sering mengirimkan kapal perang dan pesawat tempur seperti kapal induk, kapal amfibi, kapal perusak dan pesawat berpatroli di Laut China Selatan.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Global Times


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X