Dunia dalam Siaga, Pesawat Militer Tiongkok Mendarat di Sebuah Pulau Laut China Selatan

- 15 Mei 2020, 10:49 WIB
PESAWAT dari People's Liberation Army Naval Air Force (PLANAF) milik Tiongkok.* /DOK China Central Television (CCTV)

PIKIRAN RAKYAT - Pesawat militer Tiongkok mendarat di salah satu pulau buatannya di perairan Laut China Selatan yang kini terus mengalami ketegangan dan sengketa.

Gambar satelit menunjukkan pesawat dari People's Liberation Army Naval Air Force (PLANAF) milik Tiongkok berada di Fiery Cross Reef dekat kepulauan yang terletak di utara Laut China Selatan.

"Dua penampakan pesawat pengintai dalam waktu sebulan dapat menunjukkan bahwa PLANAF mulai secara berkala mendasarkan pesawat di Fiery Cross Reef," kata Sean o'Connor selaku analis utama di Jane (perusahaan yang berspesialisasi informasi militer), sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Express.

Baca Juga: Lahirkan Anak Kedua di Tengah Pandemi, Andien Aisyah Sambut Putra Keduanya dengan Hangat 

Dia mengatakan di ruang hanggar ada setidaknya tiga pesawat pengintai dan pesawat lainnya diparkir di tempat terbuka.

loading...

TRANSPORTASI militer Tiongkok Y-8 atau pesawat patroli maritim KJ-200 terlihat di landasan pacu di Fiery Cross Reef, pada 3 Mei 2020.*
TRANSPORTASI militer Tiongkok Y-8 atau pesawat patroli maritim KJ-200 terlihat di landasan pacu di Fiery Cross Reef, pada 3 Mei 2020.*
Baca Juga: Kontak Langsung dengan Pasien Positif COVID-19 yang Meninggal, 7 Pedagang Daging Ditolak Rumah Sakit

Tiongkok telah lama bertekad untuk menyelesaikan pembangunan terumbu buatan di perairan yang disengketakan secara internasional, meskipun terus mendapat protes dari negara-negara tetangga.

Para kritikus percaya pekerjaan yang sedang dilakukan dengan itu bertujuan untuk memperkuat klaim Tiongkok pada sebagian besar Laut China Selatan dan juga meningkatkan pergerakan kapal dan pesawat di wilayah itu.

Tiongkok telah melakukan latihan ekstensif di perairan yang disengketakan dan menghadapi klaim kepemilikan saingan dari Vietnam, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina dan Taiwan.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Express


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X