Vietnam Tak Gubris Larangan untuk Memancing di Laut China Selatan

- 14 Mei 2020, 12:20 WIB
WILAYAH yang menunjukkan klaim Tiongkok atas Laut China Selatan.* /Rappler

PIKIRAN RAKYAT - Meskipun Tiongkok secara sepihak memberlakukan larangan memancing di Laut China Selatan, pemerintah Vietnam justru menganjurkan para nelayannya untuk terus beroperasi di sekitar Kepulauan Paracel yang disengketakan.

Pemerintah Vietnam tak menggubris larangan Tiongkok, dengan menyebutnya sebagai aturan 'tidak sah' karena kapal Tiongkok juga menganggu kapal minyak Petronas Malaysia di Laut China Selatan.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Benar News, Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam mengarahkan dan mendorong para nelayannya untuk melanjutkan kegiatan mereka di perairan teritorial Vietnam, pada Selasa, 12 Mei 2020.

Baca Juga: Aktivitas Belajar Mengajar Kembali Digelar, 108 Juta Pelajar di Tiongkok sudah Kembali ke Kelas

Menurut pemberitaan Vietnam VNExpress, pemerintahnya mengatakan kepada pihak berwenang setempat untuk memperkuat manajemen pengawasan kegiatan penangkapan ikan dan memantau keberangkatan selama periode larangan Tiongkok itu.

loading...

Kementerian itu juga mengarahkan otoritas provinsi untuk mendukung nelayan di laut dan hotline darurat akan dibentuk dengan Departemen Pengendalian Perikanan.

Pada Selasa 12, Mei 2020, gambar citra satelit menunjukkan kapal nelayan Vietnam terus beroperasi di daerah yang dicakup oleh larangan menangkap ikan.

Baca Juga: Dihentikan pada Maret Lalu, Liga Italia akan Dilanjutkan pada Juni

Diketahui sebelumnya Tiongkok mengumumkan larangan memancing ikan musim panas yang ditetapkan mulai 1 Mei hingga 16 Agustus 2020.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Benar News


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X