Citra Satelit Tunjukkan Kapal Tiongkok Keruk Sumber Daya Alam di Laut China Selatan

- 13 Mei 2020, 12:14 WIB
GAMBAR satelit menunjukkan kapal-kapal Tiongkok melakukan pengerukan ilegal di Laut China Selatan.* / H I Sutton (Satellite Image from Sentinel Hub) ESA via Forbes

PIKIRAN RAKYAT - Citra gambar satelit yang diperoleh dari Satelit Sentinel Hub milik badan antariksa Eropa (ESA) menunjukkan kapal-kapal Tiongkok berputar-putar melakukan pengerukan sumber daya alam di Laut China Selatan.

Dalam citra satelit juga menunjukkan puluhan hingga ratusan kapal di perairan sengketa.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Forbes, pada 17 April 2020, penjaga pantai Taiwan dilaporkan mengejar 40 kapal keruk ilegal dari suatu daerah di ujung utara Laut China Selatan.

Baca Juga: Olimpiade Ditunda, Atlet Anggar Jepang Jadi Pengantar Makanan Gunakan Sepedanya untuk Tambahan Uang

Citra satelit lain diambil pada 3 Mei 2020 yang mengonfirmasi bahwa kapal kembali dan terus melakukan pengerukan. Hal ini diungkapkan oleh pengguna Twitter @detresfa_.

"Kembali mengunjungi wilayah tersebut pada tanggal 3 Mei 2020, sepertinya operasi mungkin telah dimulai kembali," tulisnya.

Baca Juga: Publikasi Ilmiah UIN Bandung di Index Scopus Tembus 706 Dokumen

Kapal menggunakan pengeruk keruk isap untuk menyedot pasir. Setiap kapal keruk dapat membawa ratusan ton pasir.

Berdasarkan laporan Taipei Times, menurut presiden Masyarakat Margasatwa dan Alam Taiwan, Jeng Ming-shiou, kapal-kapal Tiongkok mengeruk lebih dari 100.000 ton per hari. Kegiatan ini telah berlangsung selama beberapa tahun.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Forbes


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X