Terkuak, Kronologi Baku Tembak Korea Utara dan Korsel hingga Hukuman dari Kim Jong Un

- 6 Mei 2020, 15:58 WIB
Tentara Korea Utara.* /SOGWANG

PIKIRAN RAKYAT - Baku tembak yang terjadi di perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan sempat menimbulkan kabar bahwa dua negara tersebut kembali bersitegang.

Kejadian tersebut terjadi pada Minggu 3 Mei 2020 di DMZ yang membagi semenanjung Korea Utara dan Korea Selatan.

Namun berdasarkan sumber Daily NK, tembakan yang dilakukan oleh Korea Utara ke arah pos penjagaan Korea Selatan disebut adalah sebuah ketidak sengajaan.

Baca Juga: Usai Lockdown 40 Hari, Pemerintah India Buka Lebih Awal Toko Miras dengan Dalih 'Pajak'

Menurut sumber itu, tentara Korea Utara bangun pada pukul 6:40 pagi pada hari Minggu, satu jam lebih lambat dari biasanya. Peristiwa itu terjadi setelah sarapan sekitar pukul 07.40 ketika penjaga yang ada di pos jaga digantikan.

loading...

“Tidak ada alasan yang jelas untuk penembakan itu. Itu adalah kecelakaan yang disebabkan oleh kurangnya pengalaman tentara yang masuk dan keluar dari pos jaga,” kata sumber itu.

"Segera setelah insiden itu terjadi, korps (Korps Kelima) memberikan perintah kepada semua prajurit untuk berhati-hati ketika melakukan tugas penjaga dan bahwa mereka semua harus sepenuhnya mampu menangani senjata mereka," tambahnya.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Artis Muda Bertalenta, Maudy Ayunda Jadi Trending Topic di Twitter

Sumber tersebut juga menceritakan bahwa ada pengertian umum di dalam militer bahwa tentara yang terlibat dalam insiden tersebut harus menghadapi sanksi dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersama dengan penyelidikan oleh pimpinan militer.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Sumber: Daily NK


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X