Jepang Segera Kirim Obat COVID-19 Gratis ke 38 Negara, 2 Anggota ASEAN Masuk dalam Daftar

- 2 Mei 2020, 14:48 WIB
ILUSTRASI obat, vaksin, antivirus, antiserum.*
ILUSTRASI obat, vaksin, antivirus, antiserum.* //pexels

PIKIRAN RAKYAT - Jepang dikabarkan akan mulai menyediakan obat untuk COVID-19 secara gratis ke 38 negara di dunia pada awal pekan ini.

Menurut Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi hal itu dilakukan demi membantu perawatan pasien virus corona baru atau COVID-19 di berbagai negara.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Japan Times, ia mengeluarkan pernyataan serupa dalam konferensi pers pada Selasa, 28 April 2020 bahwa terdapat 70 negara yang telah mengajukan obat flu Avigan hingga saat ini.

Baca Juga: Putri Charlotte Genap Berusia 5 Tahun, Kate Middleton Abadikan Momen Bakti Sosial

Termasuk 38 negara yang akan diberikan obat flu Avigan secara cuma-cuma oleh pihak Jepang.

Avigan yang diproduksi oleh Jepang memang dijadikan sebagai salah satu obat berpotensi untuk mengatasi virus corona, sehingga produksinya mengalami peningkatan khususnya saat terdapat penelitian yang mendukung hal itu.

Jepang pun telah memutuskan untuk menawarkan sumbangan sebesar Rp 14 miliar lebih melalui Kantor Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk Layanan Proyek guna membeli dan mendistribusikan obat Avigan.

Baca Juga: Banyak Menoreh Prestasi, Pemain Muda Persib Beckham Putra Bicara Pendidikan dan Karier

Obat flu tersebut yang dikenal juga dengan sebutan favipiravir, dinyatakan akan diberikan secara percuma kepada negara-negara yang menginginkannya.

Halaman:

Editor: Farida Al-Qodariah

Sumber: Japan Times


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X