WHO Peringatkan Bahaya Pencabutan Dini Pembatasan Virus Corona

- 11 April 2020, 09:58 WIB
Direktur General WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada pertemuan Munich Security Conference di Jerman (15/2/2020). Tedros menyatakan optimismenya pada COVID-19 bisa dikendalikan.* /REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Untuk menekan penyebaran virus corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi peringatan kepada negara-negara agar berhati-hati dalam mencabut pembatasan.

WHO menyebut bahwa pelonggaran atau bahkan pencabutan pembatasan bisa menyebabkan penyebaran virus corona semakin mengkhawatirkan.

"Pencabutan pembatasan dapat menyebabkan kebangkitan yang mematikan," kata Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus saat jumpa pers.

Baca Juga: Jenazah Perawat COVID-19 Ditolak di Semarang, Ganjar Pranowo: Manusia Seperti Apa Saya Ini

Menurutnya, terjadi "perlambatan yang menggembirakan" dari epidemi di sejumlah negara Eropa, seperti Italia, Jerman, Spanyol dan Prancis, akan tetapi terjadi pula "akselerasi yang mengkhawatirkan" di negara lain termasuk transmisi komunitas di 16 negara Afrika.

Terkait pelonggaran pembatasan ini, sudah ada negara yang melakukan pelonggaran dengan mencabut pembatasan.

Hal ini dilakukan oleh otoritas Tiongkok yang mencabut status karantina wilayah di Wuhan yang dimana menjadi tempat pertama penyebaran virus corona.

Baca Juga: Kisah Haru di Balik Foto Kehamilan Mutia Ayu dan Glenn Fredly, Sempat Tak Ingin Pakai Topi

Dilaporkan Reuters yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, tidak sedikit pula kota-kota yang memilih untuk memperpanjang status karantina wilayahnya lantaran khawatir dengan penyebaran virus corona.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X