Kamis, 4 Juni 2020

Trump Ingin Buka Kembali Aktivitas Ekonomi AS dengan 'Perubahan Radikal'

- 9 April 2020, 14:41 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara mengenai respon pemerintah terhadap pandemi virus corona (COVID-19) saat pengarahan harian satuan tugas COVID-19 di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, Minggu (5/4/2020).*** /REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Jika laju kematian yang diakibatkan oleh pandemi virus corona menurun, Presiden Amerika Serikat Donald Trump ingin kembali membuka aktivitas ekonomi AS dengan ‘perubahan radikal’.

Kendati memiliki keinginan tersebut, Donald Trump tidak membeberkan secara spesifik kapan akan membuka kembali kegiatan perekonomian.

Hanya saja kepala penasihat untuk urusan ekonomi yaitu Larry Kudlow mengungkapkan pada Selasa bahwa kegiatan perekonomian AS kemungkinan bisa terjadi dalam empat sampai delapan minggu ke depan.

Baca Juga: Tak Semua Daerah Bisa PSBB Hanya yang Penuhi Syarat, Tren Naik COVID-19 Salah Satunya

Trump memang sudah blak-blakan ingin membuka kembali aktivitas ekonomi secara normal sesegera mungkin.

Tapi keinginan Trump tersebut diperingatkan oleh penasihat medisnya dan mendesak Trump agar berhati-hati dalam mengeluarkan kebijakan.

Penasihat medis tersebut merasa khawatir jika mengembalikan keadaan normal terlalu cepat bisa menimbulkan wabah baru.

Baca Juga: Cerita Pertarungan Paling Brutal Muhammad Ali vs Joe Frazier

Trump dan timnya telah berbesar hati bahwa jumlah korban tewas di kalangan rakyat Amerika mungkin jauh dari proyeksi yang ia gambarkan pekan lalu yang menunjukkan antara 100.000 dan 240.000 angka kematian.

Ia mengatakan kegiatan perekonomian dapat dibuka kembali secara bertahap tetapi akan lebih baik membuka dengan perubahan besar. Tetapi dia mengatakan, "Kita harus berada di sisi penurunan" dari infeksi dan bahwa dia akan sangat bergantung pada para ahli dalam menentukan bagaimana kelanjutannya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X