Senin, 25 Mei 2020

AS: Tiongkok Paksa Italia Beli Masker, Bukan Donasi Sukarela

- 7 April 2020, 16:29 WIB
ILUSTRASI bendera Tiongkok dan Amerika Serikat //pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Saat Tiongkok menghadapi puncak wabah virus corona (COVID-19), Italia ikut membantu dengan mengirimkan sejumlah alat pelindung diri untuk tim medis yang menangani.

Khususnya untuk perawat dan dokter yang berada di Wuhan sebagai daerah paling tinggi yang terkena paparan wabah pada saat itu.

Justru ketika Italia tengah menghadapi krisis akibat virus corona, Tiongkok dikabarkan mengembalikan alat-alat yang diberikan tersebut dengan menetapkan harga yang harus dibayar.

Baca Juga: Gojek bersama BPBD Lakukan Penyemprotan Disinfektan Kendaraan Mitra

Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok, Xi Jinping, mengaku pada bulan lalu pihaknya mengirimkan sebuah pesawat yang penuh dengan pasokan medis. Salah satunya masker dan respirator untuk Italia.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Daily Mail, pada awalnya kiriman alat medis dalam pesawat berstatus sebagai sumbangan dari Tiongkok untuk Italia.

Namun Amerika Serikat (AS) menyanggah dan mengatakan bahwa tindakan tersebut merupakan hal bohong yang dilakukan oleh Tiongkok.

Baca Juga: Siapkan RS Darurat COVID-19, Erick Thohir: Mampu Tes 1.300 Sampel Virus Corona per Hari

Disampaikan oleh pejabat senior administrasi Donald Trump, AS mengklaim Tiongkok memaksa Italia untuk membeli peralatan yang telah disumbangkan sebelumnya.

Halaman:

Editor: Farida Al-Qodariah

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X