Senin, 25 Mei 2020

Mantan Pasien COVID-19 yang Jadi Pelopor Donor Plasma Darah: Allah Gantikan Kesedihan Saya

- 6 April 2020, 12:53 WIB
POTRET seorang mantan pasien COVID-19 saat melakukan donor plasma darah //via Bernama

PIKIRAN RAKYAT - Plasma darah dari seorang pasien yang telah sembuh dari virus corona (COVID-19) disebut dapat menjadi salah satu alternatif obat dari pandemi tersebut.

Terhitung masih langka, cara pengobatan menggunakan plasma darah seorang pasien yang terbebas dari COVID-19 dipelopori oleh seorang warga Malaysia, Reza Huzairi Zainudin (41).

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Bernama, Reza mengetahui plasma darahnya dapat membantu menyembuhkan pasien COVID-19 lain dari seorang dokter yang menangani.

Baca Juga: Sembilan Pemain Masuk Hall of Fame NBA 2020, Disebut Akan Paling Bersejarah

Ia lalu menyambut kabar tersebut dengan rasa syukur dan bangga karena tak semua plasma darah dari pasien yang telah sembuh dapat digunakan.

"Allah menggantikan kesedihan saya pada tahun 2020 dengan kesenangan dan kebanggaan besar karena memiliki kesempatan untuk membantu pasien COVID-19 melalui donor plasma darah ini," ujarnya kepada Bernama, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com.

Reza melakukan donor plasma darah pada Kamis, 2 April 2020, dan dinyatakan cukup kuat, sehat, sekaligus sesuai untuk memenuhi kriteria yang dapat membantu mengobati pasien COVID-19 dalam kondisi kritis.

Baca Juga: Musisi Elton John Sumbang Dana Rp 133 Miliar untuk Pandemi Corona

"Selama proses donasi plasma darah satu jam di Pusat Darah Nasional pada tanggal 2 April, saya bertanya kepada banyak dokter tentang pengobatan COVID-19 menggunakan plasma darah mereka," tambah Reza.

Halaman:

Editor: Farida Al-Qodariah

Sumber: Bernama, Health Harvard


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X