Jumat, 5 Juni 2020

APD Langka, Petugas Medis di Australia Pakai Peralatan Selam

- 6 April 2020, 12:14 WIB
ILUSTRASI menyelam di bawah laut.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT – Sama halnya dengan di Indonesia, alat pelindung diri (APD) tenaga medis di Australia juga langka.

Lebih dari itu dokter dan perawat di sejumlah rumah sakit mengeluhkan, APD seperti masker N95, terlihat sering dipakai masyarakat awam untuk berjalan-jalan.

Sejumlah dokter mengaku pakai goggle untuk menyelam sebagai upaya melindungi diri dalam bertugas menangani kasus virus corona.

 Baca Juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, 33,5 Juta Siswa Tidak Terakses Pendidikan Daring

"Setiap hari kami mendapat banyak surat ucapan terima kasih, beberapa orang membawa pizza untuk kami, dll," kata seorang dokter darurat senior kepada Reuters. "Tapi aku hanya ingin pergi ke sana dan berkata, 'Hei, kita tidak lapar. Kami membutuhkan topeng '".

"Jika Anda masuk ke komunitas yang Anda lihat di wajah banyak orang  bermasker N95, (itu keberadaannya) tidak cukup di rumah sakit," kata dokter darurat di negara bagian New South Wales (NSW), yang memiliki hampir setengah dari negara itu. lebih dari 5.700 kasus dan telah mencatat paling banyak kematian pada hari Senin, 6 April 2020.

Para dokter darurat dan perwakilan serikat pekerja kesehatan mengatakan bahwa mereka telah diyakinkan oleh pihak berwenang bahwa ada APD.

Baca Juga: PBB Desak Seluruh Pemerintah Dunia agar Tanggap Terhadap KDRT Selama Masa Karantina

Tetapi staf di beberapa rumah sakit yang membentang di NSW menghadapi pembatasan ketat pada penggunaan masker wajah N95 dengan spesifikasi lebih tinggi.

Mereka mengandalkan pelindung wajah yang terbuat dari plastik dan karet gelang dari toko perangkat keras agar tetap aman.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X