Senin, 25 Mei 2020

Penelitian: Plasma Darah Pasien Sembuh Virus Corona Diklaim Mampu Obati Infeksi COVID-19

- 3 April 2020, 10:57 WIB
Ilustrasi Coronavirus* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Para dokter di Inggris memiliki rencana untuk menyuntikkan plasma darah kepada pasien virus corona baru (COVID-19) dan perawat yang bekerja.

Plasma darah tersebut berasal dari tubuh orang-orang yang memiliki imun kuat sehingga dinilai dapat digunakan untuk menangkal COVID-19.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman The Guardian, eksperimen pengobatan tersebut akan diarahkan kepada pasien yang dirawat di rumah sakit dengan gejala pneumonia yang disebabkan oleh COVID-19.

Baca Juga: Jumat Pagi Rupiah Menguat, BI Optimis Nilai Tukar Stabil 15.000 per Dolar AS di Akhir 2020

Hasil dari eksperimen tersebut diharapkan mampu mengurangi jumlah kematian pasien kritis yang dirawat di unit perawatan intensif (ICU) akibat COVID-19.

Orang-orang yang berhubungan dekat dengan pasien COVID-19, seperti petugas medis dan anggota keluarga pun akan ditawarkan penyuntikan plasma darah.

Prosedur penyuntikan plasma darah ini dilakukan setelah melihat fakta bahwa bahwa orang yang telah sembuh dari COVID-19 memiliki antibodi dalam plasma darah mereka.

Baca Juga: Kemnaker Siapkan Kartu Prakerja, Minta Kepala Dinas Terkait Laporkan Data Karyawan PHK

Pihak rumah sakit akan mengidentifikasi mereka yang memiliki imun tubuh kuat terhadap virus dan akan diundang untuk menyumbangkan darah yang nantinya akan digunakan sebagai perawatan medis.

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia

Sumber: The Guardian


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X