Sabtu, 28 Maret 2020

Krisis karena Corona, Diprediksi 25 Juta Orang Terkena PHK Massal

- 27 Maret 2020, 11:02 WIB
ILUSTRASI Tenaga Kerja, Karyawan, Pegawai.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Krisis ekonomi dan resesi akibat wabah virus corona COVID-19 diyakini akan terjadi secara global di seluruh negara di dunia

Adanya dampak ekonomi ini tentunya dunia usaha menjadi paling terpukul dan tentunya akan berefek pada karyawan salah satunya memicu Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal.

Baca Juga: Seorang YouTuber Gunakan 'Glow Powder' untuk Tunjukkan Seberapa Cepat Kuman Menyebar

PHK massal akibat krisis virus corona ini bisa melebihi 25 juta orang di seluruh dunia, angka yang diperkirakan hanya beberapa hari yang lalu.

Pejabat AS mengatakan bahwa pengangguran AS melonjak ke posisi tertinggi yang secara jelas menunjukkan bencana ekonomi.

loading...

Organisasi Perburuhan Internasional, memperkirakan seminggu yang lalu bahwa, berdasarkan skenario yang berbeda untuk dampak pandemi virus corona pada pertumbuhan, peringkat global pengangguran akan meningkat antara 5,3 juta dan 24,7 juta orang.

Baca Juga: Warga Kategori Rawan Miskin Baru karena Corona di Jawa Barat Diberi Bantuan Rp500 Ribu

Namun Sangheon Lee, direktur departemen kebijakan ketenagakerjaan ILO, mengatakan kepada Reuters di Jenewa pada hari Kamis 26 Maret 2020 bahwa skala pengangguran sementara, PHK dan jumlah klaim tunjangan pengangguran jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya.

"Kami mencoba memasukkan kelompok besar sementara ke dalam pemodelan estimasi kami. Besarnya fluktuasi jauh lebih besar dari yang diperkirakan," katanya.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X