Kian Panas, Jepang Pertimbangkan Evakuasi Warga Negaranya di Ukraina di Tengah Kekhawatiran Invasi Rusia

- 24 Januari 2022, 21:55 WIB
Bendera Jepang
Bendera Jepang /

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Jepang dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk mengevakuasi warga negaranya di Ukraina di tengah kekhawatiran invasi Rusia yang akan segera terjadi.

Sejumlah sumber pemerintah Jepang mengatakan pada Senin, 24 Januari 2022, bahwa pernyataan itu, menyusul perintah serupa oleh Amerika Serikat (AS) kepada anggota keluarga staf kedutaannya di Ukraina.

Kementerian Luar Negeri Jepang memberikan peringatan terhadap warganya agar tidak bepergian ke Ukraina untuk tujuan apa pun.

Penasihat Level 3 tertinggi kedua, yang sebelumnya mencakup sebagian negara Eropa Timur, sekarang berlaku untuk seluruh negara.

Baca Juga: Dorce Gamalama Berpesan jika 'Berpulang' Nanti: Mandikan Saya sebagai Perempuan

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Kyodo News, berdasarkan data kementerian, sekitar 250 warga Jepang termasuk keluarga staf kedutaan tinggal di Ukraina.

"Jepang juga bergerak ke arah itu (evakuasi)," kata seorang pejabat senior kementerian mengacu pada perintah AS yang dikeluarkan Minggu, sambil menggarisbawahi bahwa situasinya berubah dengan cepat di negara Eropa Timur.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan pemerintah telah mengingatkan warga Jepang di Ukraina untuk bersiap menghadapi keadaan yang tidak terduga.

Baca Juga: Soroti Temuan Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat, Susi Pudjiastuti: Keji dan Tidak Berperikemanusiaan

Halaman:

Editor: Asytari Fauziah

Sumber: Kyodo News

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network