Jumat, 3 April 2020

Analisa Pergolakan Politik Malaysia, Pengamat: Pemindahan Kekuasaan Sempat Dijanjikan Mahathir ke Anwar Ibrahim

- 26 Februari 2020, 14:35 WIB
Mantan Perdana Menteri, Mahatir Mohammad kepemimpinannya yang kedua hanya berjalan lebih kurang 2 tahun usai mengundurkan diri pada Senin 24 Februari 2020.* /AFP

PIKIRAN RAKYAT - Fitch Solutions, sebuah perusahaan analisis ekonomi menyebut Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad sempat menjanjikan pemindahan kekuasaan kepada Presiden Partai Keadilan Rakyat, Anwar Ibrahim.

Kedua politisi ini sudah menjalin hubungan politik selama 20 tahun lamanya, menyelamatkan negaranya dari ancaman krisis.

Demikian disampaikan Fitch Solutions sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters, Rabu 26 Februari 2020.

Baca Juga: Bungker Bersejarah di Bandung Barat, Sajikan Sunset hingga Pemandangan Tepian Waduk Saguling

"Kami memperkirakan ketidakpastian yang meningkat dari krisis politik di Malaysia akan tetap selama beberapa minggu mendatang, mengingat kemungkinan jangka waktu yang lama untuk politisasi intensif," kata perwakilan Fitch Solutions.

loading...

Selain hubungan pribadi yang fluktuatif, politik di Malaysia dibentuk oleh hubungan kepentingan etnis dan agama.

Negara berpenduduk mayoritas Muslim yang berjumlah 32 juta ini mayoritas secara etnis didominasi etnis Melayu di tengah keberadaan etnis Tionghoa, India, dan minoritas lainnya.

Baca Juga: Terjadi Krisis Politik di Malaysia Buntut Mundurnya Mahathir Mohamad, Dua Hari Ini Raja Tengku Abdullah Temui Parlemen

Koalisi Pemerintahan Mahathir yang baru dinilai lebih kuat dibandingkan dengan jabatan pertamanya dari 1981 hingga 2003 yang digulingkan lantaran dikreditkan dengan mengubah pertanian terpencil menjadi negara industri.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X