Usai Kepergian Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak, Sekjen PBB Kirimkan Surat Belasungkawa

- 26 Februari 2020, 10:27 WIB
MANTAN presiden Mesir Hosni Mubarak dari melambaikan tangan kepada sejumlah pendukung yang merayakan ulang tahunnya dari rumah sakit militer di Maadi, Kairo, Mesir 4 Mei 2015.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah Mesir beserta keluarga Hosni Mubarak, menyusul kepergian mantan presiden Mesir tersebut.

Guterres, melalui sebuah surat, menuliskan bahwa Mubarak memiliki peran sentral dalam upaya diplomatik di seluruh Timur Tengah, termasuk menggalakkan perdamaian antara Palestina dan Israel serta mendukung upaya Liga Negara Arab untuk mengakhiri konflik di kawasan tersebut.

Baca Juga: Viral Polisi Laporkan Kondisi Banjir Sambil Memegang Ular, Warganet: Ularnya Buat Apa Pak?

Juru bicara Guterres, Stephane Dujarric, mengatakan pemimpin PBB itu "menegaskan kembali komitmen PBB untuk melanjutkan kerja sama dengan pemerintah dan rakyat Mesir dalam memajukan pembangunan negara tersebut, menghormati HAM serta kemakmuran ekonomi bagi kepentingan seluruh rakyat Mesir."

Baca Juga: Tiga Petenis Top Dunia Tergabung dalam Grup Whats App Eksklusif, Novak Djokovic: Akrab dan Baik secara Pribadi ataupun Profesional

Seperti diberitakan sebelumnya, mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak tutup usia pada usia 91 tahun, menurut stasiun TV pemerintah pada Selasa 25 Februari 2020, beberapa pekan seusai menjalani operasi.

Baca Juga: Hari Kedua Siaga Banjir, 1.002 Gardu di Jawa Barat Sudah Kembali Menyala

Mubarak memerintah Mesir selama 30 tahun hingga akhirnya digulingkan menyusul aksi protes massa terhadap pemerintahannya pada 2011.

Ia lantas dijebloskan ke penjara selama bertahun-tahun setelah pemberontakan. Namun, Mubarak dibebaskan pada 2017 setelah terlepas dari sebagian besar tuduhan terhadapnya.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X