Kamis, 2 April 2020

Hasil Analisis Terbaru Ungkap Fakta Bahwa Virus Corona Ternyata Berasal dari Tempat Antah Berantah, Bukan Pasar Wuhan

- 24 Februari 2020, 20:39 WIB
ILUSTRASI virus corona.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Hasil Analisis data genom dari 93 sampel virus Corona membuktikan virus tersebut diimpor dari tempat lain. Pasar yang ramai kemudian mempercepat pengedarannya dan menyebarkannya ke pelosok kota.

Dilansir laman SCMP, Senin 24 Februari 2020, virus Corona yang telah dilaporkan merenggut nyawa lebih dari 2,400 nyawa bukan berasal dari pasar makanan laut di bagian pusat kota di Tiongkok, Wuhan, sebagaimana yang diperkirakan awal, menurut penelitian terbaru oleh tim ilmuwan Tiongkok.

Sindrom pernapasan akut dari virus Corona (SARS-CoV-2) ternyata diimpor dari tempat antah berantah, menurut para peneliti dari Kebun Raya Tropis Xishuangbanna dibawah Akademi Sains Tiongkok dan Institut Penelitian Otak di Tiongkok.

Baca Juga: 5 Manfaat Kamper Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Tim ini, yang dipimpin oleh Dr Yu Wenbin, mengurutkan data genom dari 93 sampel SARS-CoV-2 yang diperoleh dari 12 negara dalam upaya untuk melacak sumber infeksi dan memahami bagaimana cara penyebarannya.

loading...

Apa yang mereka temukan adalah saat virus menyebar dengan cepat dari Pasar Grosir Makanan Laut Huanan di Wuhan, terdapat dua perluasan populasi yang utama pada tanggal 8 Desember dan 6 Januari.

Menurut penelitian, yang dipublikasikan di situs resmi institut pada hari Kamis, hasil analisis menunjukkan bahwa virus corona didatangkan dari luar pasar.

Baca Juga: Ucapan Terima Kasih Katy Perry pada Penolongnya saat Kebocoran Gas di American Idol

“Pasar ramai ini kemudian mempercepat peredaran SARS-CoV-2 dan menyebarkannya ke seluruh pelosok kota di awal bulan Desember 2019,” catatnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X