Jumat, 28 Februari 2020

Pekerja di Tiongkok Wajib Isi Formulir Kesehatan Setiap Hari dan Makan Bergantian di Kantor demi Cegah Wabah Corona

- 15 Februari 2020, 05:30 WIB
PEKERJA di Tiongkok diwajibkan mengisi formulir kesehatan setiap hari selama virus corona mewabah.* /AFP

PIKIRAN RAKYAT - Seorang manajer di salah satu perusahaan multinasional asing mengaku sangat prihatin terhadap stafnya, terutama setelah pemerintah Tiongkok mengunci Wuhan, kota dengan jumlah penduduk 11 juta jiwa dimana wabah virus corona dimulai.

Manajer itu pun menceritakan bagaimana aturan perusahaannya yang melarang karyawan menggunakan toilet kantor, tidak diadakannya rapat atau duduk berdekatan, bahkan tidak diperbolehkan berbagi air minum dari dispenser.

"Beberapa ingin orang duduk dengan kursi kosong di antara mereka pada pertemuan (rapat), kunjungan toilet ditugaskan pada waktu yang hanya ditentukan, dan tidak (boleh) berbagi dispenser air," tambahnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters.

Baca Juga: 7 Tanda-tanda Sedang Jatuh Cinta, Salah Satu Cirinya Menanti Pesan Teks darinya

Sementara itu, media Tiongkok juga telah memposting foto-foto kantin kantor di mana lembaran plastik dan papan kayu menjadi pembatas meja sehingga sekat digunakan untuk membentuk ruang makan terpisah.

Automaker GAC ( 601238.SS ), yang memiliki perusahaan kerja sama dengan Toyota (7203.T) dan Honda (7267.T), mengatakan tidak lebih dari setengah karyawannya diizinkan untuk bekerja setiap hari di kantor pusat, di kota selatan Guangzhou.

Sementara itu, karyawan yang masuk kerja dibagi waktu makan siangnya menjadi empat slot, dengan masing-masing waku makan selama 15 menit.

Baca Juga: Instagram Uji Coba Fitur 'Kiriman Terbaru'

Pihak perusahaan juga telah menata ulang kantinnya, dan menggeser meja ke teras terbuka, dengan jarak meja kantin masing-masing 2 meter.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso

Sumber: Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X