Jumat, 28 Februari 2020

Babak Baru Virus Corona setelah 1.383 Orang Meninggal, 1.716 Petugas Medis Terinfeksi 6 di Antaranya Tewas

- 14 Februari 2020, 16:39 WIB
ILUSTRASI penanganan virus corona.* //AFP

PIKIRAN RAKYAT - Wakil Menteri Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, Zeng Yixin mengatakan 1.716 petugas kesehatan telah terinfeksi oleh coronavirus dan enam dari mereka telah meninggal berdasarkan data pada Jumat 14 Februari 2020.

Demikian disampaikannya dalam sebuah konfrensi pers sebagaiman dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters pada Jumat 14 Februari 2020.

“Saat ini, tugas petugas medis di depan memang sangat berat, kondisi kerja dan istirahat mereka terbatas, tekanan psikologisnya besar, dan risiko infeksi tinggi,” kata Zeng.

Baca Juga: Daftar Negara yang Tolak Kepulangan ISIS, Inggris Tak Toleran terhadap Anak-anak dan Bayi

Zeng menyampaikan lebih dari 87 persen pekerja medis yang terinfeksi berada di Provinsi Hubei, pusat penyebaran yang muncul pada bulan Desember lalu.

Namun meski demikian perlu ada analisis lebih lanjut tentang berapa banyak pekerja medis yang terinfeksi di rumah sakit.

Pejabat rumah sakit Tiongkok telah berulang kali berbicara tentang kurangnya peralatan pelindung, termasuk masker wajah, karena penyakit ini telah merebak di Hubei dan menyebar ke seluruh negeri.

Baca Juga: Angkat Bicara Soal Kasus Narkoba Lucinta Luna, Iis Dahlia: Kalau Merasa Depresi, Pergi Saja ke Psikiater

Kematian seorang dokter penemu virus korona Li Wenliang, yang telah ditegur karena mengeluarkan peringatan dini tentang penyakit ini, memicu gelombang penderitaan publik dan ekspresi kemarahan yang jarang terjadi pada pemerintah.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X