Rabu, 1 April 2020

Ribuan Warga Iran Peringati Revolusi Islam di Tengah Puncak Ketegangan dengan AS

- 12 Februari 2020, 22:02 WIB
SEKELOMPOK wanita Iran memajang foto Jenderal Qassem Soleimani saat peraaan Revolusi Islam di Kota Teheran, Iran, pada Selasa, 11 Februari 2020.* /AFP/Atta Kenare

PIKIRAN RAKYAT - Puluhan ribu warga Iran berduyun-duyun turun ke jalanan Teheran dan kota-kota lain pada Selasa, 11 Februari 2020 pagi.

Berkumpulnya warga Iran ini guna memperingati ulang tahun ke-41 revolusi Islam, dengan latar belakang tergulingnya rezim Pahlavi yang didukung Amerika Serikat (AS) pada 1979.

TV pemerintah Iran pun memperlihatkan rekaman video demonstrasi di banyak kota di Iran, termasuk Mashhad, Ahvaz, dan Kerman.

Baca Juga: Presiden Palestina Sebut Rencana Peta Timur Tengah dari Trump Seperti Keju Swiss

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters, orang-orang yang turun ke jalan berdemo sambil memegang bendera dan tanda bertuliskan "Kematian bagi Amerika" dan "Kematian bagi Israel".

loading...

Diketahui, Iran sudah mengalami konflik dengan Amerika Serikat sejak bulan Januari 2019 lalu.

Adapun konflik yang dimaksud adalah terjadinya serangan pesawat tak berawak AS yang menewaskan komandan militer Iran, Qassem Soleimani di Baghdad pada 3 Januari 2020.

Baca Juga: Pohon Kurma pun Menangis saat Ditinggal Rasulullah

Akibat kejadian tersebut, Iran membalas dengan serangan rudal terhadap pangkalan AS di Irak, beberapa hari setelah jenderalnya terbunuh.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso

Sumber: Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X