8 Tentara Turki Terbunuh di Suriah, Iran Katakan Siap untuk Jadi Penengah Eskalasi Konflik Turki-Suriah

- 9 Februari 2020, 17:24 WIB
Iran siap membantu Turki dan Suriah untuk menyelesaikan konflik kedua negara tersebut.* /AFP

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Luar Negeri Iran dikabarkan siap membantu Turki dan Suriah untuk menyelesaikan konflik kedua negara tersebut dalam perang yang hampir selama sembilan tahun berlangsung di Suriah pada Sabtu, 8 Februari 2020.

Selain itu, pihak Iran juga menambahkan bahwa Teheran mendukung kedaulatan sekutu utama regionalnya Damaskus.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters bahwa sejauh ini, Turki telah mendukung pemberontak yang ingin menggulingkan Presiden Suriah, Bashar al-Assad.

Baca Juga: Mengenang Lagi Kampung Uighur di Xinjiang yang Diratakan, Pengungsi Wanita di AS: Kembalikan Rumahku

Sementara Iran dan Rusia telah mendukung pasukan Assad dalam perang. Ketiga negara juga telah berkolaborasi dalam politik untuk menemukan solusi terkait konflik tersebut.

Dalam pertemuan antara utusan khusus PBB untuk Suriah, Geir Pedersen, dan pejabat Iran yang berkunjung, Teheran menggarisbawahi pentingnya menyelesaikan masalah di Suriah melalui diplomasi,

"Selama pertemuan itu, Iran menegaskan bahwa warga sipil di Suriah tidak boleh digunakan sebagai perisai manusia, dan bahwa Iran siap menjadi penengah antara Turki dan Suriah untuk menyelesaikan masalah tersebut," tegas pihak pemerintah Iran.

Baca Juga: Selain Wisata The Great Asia Africa di Lembang, 300-an Bangunan di KBU Terindikasi Melanggar Tata Ruang

Televisi pemerintah Iran juga melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, dalam pertemuan terpisah dengan Pedersen Iran di Teheran, mengatakan Iran siap membantu dalam mengurangi eskalasi krisis di Suriah sehubungan dengan kemerdekaan dan kedaulatan Suriah.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X