Joe Biden: Meloloskan Pete Buttigieg untuk Pemilu 2020 Risiko Besar bagi Demokrat

- 9 Februari 2020, 08:18 WIB
MANTAN Wakil Presiden yang juga menjadi Calon Presiden dari Partai Demkorat pada Pemilu Amerika Serikat 2020, Joe Biden.* /AFP

PIKIRAN RAKYAT - Mantan Wakil Presiden yang juga menjadi Calon Presiden dari Partai Demkorat pada Pemilu Amerika Serikat 2020, Joe Biden berpendapat partainya dalam sebuah risiko besar bila meloloskan Pete Buttigieg pada pemilu nanti, menantang Trump.

Pendapat Biden berangkat dari jejak rekam Buttigieg yang hanya berpengalaman sebagai seorang walikota di South Bend, di negara bagian Indiana.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Bloomberg, pernyataan itu dia sampaikan kepada Wartawan yang menanyakan kesamaan Buttigieg dengan Obama, usai debat di internal Partai Demokrat untuk memilih Capres partai ini dalam menghadapi petahanan dari Partai Republik, Donald Trump pada Pemilu November mendatang.

Baca Juga: Joe Biden Tak Terima Capres Gay Pertama AS Pete Buttigieg Dibandingkan dengan Barack Obama

"Saya sangat menghormati Walikota Pete dan pelayanannya kepada bangsa. Tapi saya tidak percaya kita adalah pihak yang berisiko jika kita mencalonkan saya," kata Biden mencoba meyakinkan pemilihnya setelah berpengalaman menajadi Wakil Presiden bersama Barack Obama.

Bagi Biden, kapabilitas Buttigieg dipertanyakan dalam mengelola anggaran dan bahkan bisa menghidupkan kembali ekonomi AS yang saat ini tengah mengalami tantangan di sektor menufaktur.

Sebelumnya Buttigieg hanya berpengalaman meloloskan sebuah anggaran bagi sebuah kota yang luasnya tidak lebih besar dari Kota Manchester di negara bagian New Hampshire.

Baca Juga: Sempat Bermasalah, Benda Terjauh dari Bumi Voyager 2 Berfungsi Kembali

Biden memusatkan perhatiannya pada Buttigieg yang merupakan ancaman langsung terhadap pemilih moderat. Dia juga terus mengkritik Bernie Sanders, yang memimpin sebagian besar jajak pendapat New Hampshire.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Bloomberg


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X