Buttigieg Memimpin Hasil Kaukus Iowa Sindir Donald Trump sebagai 'Pengusaha yang Jadi Penguasa'

- 7 Februari 2020, 17:58 WIB
PETE Buttigieg memenangkan Kaukus Lowa mengalahkan capres favorit Joe Biden.* /AFP

PIKIRAN RAKYAT - Pete Buttigieg memimpin perolehan dari Kaukus Iowa dengan tipis di atas atas Bernie Sanders pada Selasa, 4 Februari 2020 dalam hasil yang lama tertunda dari kaukus Partai Demokratik Iowa yang kacau.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters, mantan Wakil Presiden, Joe Biden, membuntuti di tempat keempat dengan perolehan suara sekitar 71% dari laporan wilayah.

Terdapat pula Senator Elizabeth Warren menempatkan ketiga dalam hasil yang dirilis ke lebih dari 1.600 lokasi publik untuk memulai proses lima bulan masuk ke masa pemilu dengan menantang Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump, pada November 2020.

Baca Juga: Tertawakan Klaim Pemimpin Sunda Empire, Roy Suryo: Berarti Usia Dia Udah 400 Tahun!

Buttigieg sebagai mantan walikota South Bend, Indiana yang berusia 38 tahun ini memiliki jumlah suara 26,8% yang setara delegasi negara. Hal itu menunjukkan data yang secara tradisional dilaporkan untuk menentukan pemenang.

Senator Bernie Sanders memiliki jumlah suara 25,2%. Sementara rekannya yang progresif, Elizabeth Warren, memperoleh suara sejumlah 18,4%, dan Joe Biden 15,5%. Lalu disusul dengan Senator Amy Klobuchar di posisi kelima dengan perolehan suara 12,6%.

Buttigieg, merupakan calon presiden AS gay, berpendapat bahwa inilah saatnya bagi generasi pemimpin baru, dan kurangnya pengalamannya di Washington menjadikannya kandidat yang ideal untuk memecahkan kemacetan partisan di ibukota negara tersebut.

Baca Juga: GBLA Diharapkan Jadi Kandang Persib, Robert Alberts Singgung Peliknya Masalah yang Dihadapi

Setelah lebih dari setahun Buttigieg berkampanye dan mengeluarkan biaya lebih dari 800 juta Dolar AS.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X