Sabtu, 6 Juni 2020

Sebaran Corona Masif Perbatasan Ditutup, KJRI Hong Kong: Majikan Dilarang Bawa TKI ke Tiongkok

- 30 Januari 2020, 11:36 WIB
PINTU perbatasan Hong Kong-China di Lowu yang sering dilewati para pekerja migran asal Indonesia.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Sebaran virus corona yang semakin masif bahkan sudah menjakiti 6.000 lebih orang secara global menuntut semua pihak untuk waspada.

Dilaporkan Pikiran-Rakyat.com sebelumnya, WHO melaporkan per tanggal 29 Januari 2020, kasus positif virus corona tipe baru bertambah menjadi 6.065 dibanding sehari sebelumnya yang berjumlah 4.593 kasus secara global.

Dari jumlah tersebut, 5.997 kasus terjadi di Tiongkok dengan 1.239 di antaranya mengalami gangguan kesehatan yang serius, 132 orang meninggal dunia, dan 9.239 orang lainnya diduga terjangkit virus corona.

Baca Juga: Siswi SD Menangis karena Juara 1 Lari 21 KM Tanpa Hadiah, Indorunners Tolitoli dan Poso Galang Dana

Sementara itu, kasus positif virus corona di luar Tiongkok naik. Jika sebelumnya ada 56 kasus di 14 negara, kini menjadi 68 kasus di 15 negara.

Terkait kewaspadaan terhadap penyebaran corona, Konsulat Jenderal RI di Hong Kong melarang majikan mengajak pekerjanya yang berasal dari Indonesia bepergian ke wilayah Tiongkok daratan.

"Memperhatikan situasi wabah virus corona saat ini dan kebijakan pemerintah Hong Kong, maka kami meminta agen tenaga kerja dan majikan untuk tidak mengajak para pekerja dari Indonesia melakukan perjalanan ke Tiongkok," kata Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong Ricky Suhendar dalam keterangan tertulisnya, Kamis 30 Januari 2020.

Baca Juga: Harga Sayur Tembus Rp 200.000 per Ikat, Sebaran Virus Corona Jadi Alasan Pedagang Memilih Tutup di Wuhan

Konjen juga meminta kepada agen dan majikan untuk mengecek kembali masa kontrak kerja pekerja migran asal Indonesia.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X