Kamis, 27 Februari 2020

Beri Peringatan Soal Wabah Virus Corona, Ahli Virologi Sidrotun Naim: Lebih Menular dari SARS

- 29 Januari 2020, 13:00 WIB
PAKAR virologi, Sidrotun Naim mengatakan virus corona Wuhan lebih menular daripada SARS, namun pasien yang meninggal masih didominasi oleh warga Wuhan, Tiongkok.* /Mahbub Ridhoo Maulaa/PR

PIKIRAN RAKYAT - Wabah Novel Coronavirus (2019-nCov) masih terus berkembang bahkan menyebar hingga menjangkau 19 negara di dunia.

Seperti dikabarkan Pikiran-Rakyat.com, virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok ini hingga Rabu siang, 29 Januari 2020 telah menewaskan 132 orang.

Hampir 1.500 kasus baru diterima oleh pihak medis di Tiongkok. Secara keseluruhan, saat ini kasus pasien yang terkonfirmasi diserang oleh virus baru tersebut mencapai 6 ribu kasus.

Baca Juga: Polisi Tutup Galian Tanah di Sukatani Purwakarta karena Dikeluhkan Netizen

Bertambahnya jumlah orang yang terjangkit dan korban tewas membuat pihak otoritas Amerika Serikat (AS) mulai mempertimbangkan kebijakan larangan terbang menuju negeri tirai bambu itu.

Di sisi lain, pihak otoritas Australia mengatakan akan membantu sejumlah warganya untuk meninggalkan Provinsi Hubei dan mengisolasi mereka di Pulau Natal, Samudera Hindia.

Sedangkan, Pemerintah Jepang telah memulangkan 206 warga negara Jepang di Wuhan pada Rabu, 29 Januari 2020. Masih tersisa lebih dari 400 orang yang belum dipulangkan.

Baca Juga: Resmi Bercerai, Miley Cyrus dan Liam Hemsworth Berkomitmen akan Tetap Jadi Orang Tua yang Berdedikasi Tinggi

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengirim 10 ribu masker N95 lewat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ke Beijing, Tiongkok untuk membantu Warga Negara Indonesia (WNI) menghindari infeksi virus tersebut.

Halaman:

Editor: Mahbub Ridhoo Maulaa

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X