Senin, 6 April 2020

Pasien Terjangkit Virus Corona di Thailand Menjadi 14 Orang, Pemerintah Screening Pendatang dari Tiongkok Lebih Ketat

- 29 Januari 2020, 09:06 WIB
THAILAND lakukan screening dan perketat prosedur masuknya pendatang dari Tiongkok.* /AFP

PIKIRAN RAKYAT - Thailand mengumumkan rencananya pada Selasa, 28 Januari 2020 untuk menyaring semua kedatangan turis dari Tingkok demi antisipasi gejala virus corona.

Berdasarkan hal itu, Pemerintah Kesehatan Thailand telah mengonfirmasi terdapat tambahan kasus menjadi enam infeksi yang terjadi di antara para pengunjung tersebut, sehingga jumlah pasien terjangkit coronavirus di Thailand kini menjadi 14 orang.

Sementara itu, otoritas turis Thailand mengatakan jumlah turis Tiongkok ke Thailand diperkirakan turun 2 juta pengunjung menjadi 9 juta pengunjung di tahun ini dikarenakan adanya wabah virus corona yang bermula dari kota Wuhan, Tiongkok.

Baca Juga: Tiongkok Menyetujui WHO untuk Kirimkan Pakar Kesehatan demi Pelajari Virus Corona

Antisipasi lainnya yang dilakukan Sukhum Kanchanapimai, sekretaris tetap kementerian kesehatan Thailand, mengatakan pada konferensi pers, warga Thailand yang disarankan untuk menghindari perjalanan yang sekiranya tidak penting ke Tiongkok.

Setidaknya terdapat korban tewas dari wabah corona kini meningkat menjadi 106 jiwa per 27 Januari 2020, meskipun belum ada korban jiwa yang terjadi di luar Tiongkok.

Thailand sendiri memiliki jumlah kasus terbesar kedua di luar Tiongkok, meskipun jauh lebih rendah dari adanya sejumlah 4.515 infeksi di Tiongkok.

Baca Juga: 7 Pasien Positif Virus Corona di Malaysia adalah Warga Tiongkok

"Sekarang kami akan memperluas penyaringan untuk semua orang Tionghoa dari Tiongkok dan menyiapkan peralatan untuk menyaring 100%," kata Sukhum, selaku Menteri Kesehatan Thailand.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X