Kamis, 9 April 2020

Tiongkok Menyetujui WHO untuk Kirimkan Pakar Kesehatan demi Pelajari Virus Corona

- 29 Januari 2020, 08:56 WIB
BENDERA organisasi kesehatan dunia (WHO).* /Wellcome UK

PIKIRAN RAKYAT - Tiongkok telah sepakat bahwa negara itu akan menyetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengirim para pakar internasional ke Tiongkok sesegera mungkin.

Pada Selasa, 28 Januari 2020, pemerintah Amerika Serikat (AS) menjelaskan terkait pengiriman para pakar kesehatan internasional ke Tiongkok bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang virus corona baru dan memandu respons global terhadap wabah tersebut.

Dalam sebuah pernyataan setelah kunjungan dua hari oleh direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang bertemu dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, serta para menteri kesehatan dan menteri luar negeri, dikatakan bahwa pemahaman yang lebih baik tentang kemampuan virus untuk menyebar dari orang ke orang sangat dibutuhkan untuk memberi nasihat kepada negara lain.

Baca Juga: 7 Pasien Positif Virus Corona di Malaysia adalah Warga Tiongkok

"Diskusi berfokus pada kolaborasi berkelanjutan pada langkah-langkah penahanan di Wuhan, langkah-langkah kesehatan masyarakat di kota-kota dan provinsi lain, melakukan penelitian lebih lanjut tentang tingkat keparahan dan penularan virus, terus berbagi data, dan bagi Tiongkok untuk berbagi bahan biologis dengan WHO," kata WHO.

Kesepakatan Tiongkok untuk menerima pakar kesehatan dari WHO juga memiliki kontribusi pada pengembangan vaksin corona dan bagaimana penanganannya.

"Kedua belah pihak sepakat bahwa WHO akan mengirim para pakar internasional untuk mengunjungi Tiongkok sesegera mungkin untuk bekerja dengan rekan-rekan Tiongkok tentang peningkatan pemahaman tentang wabah untuk memandu upaya respon global," tambah WHO, tanpa memberikan keterangan waktu konkretnya kapan kunjungan akan dilaksanakan.

Baca Juga: Simak Alasan Musik Sedih Dapat Membuat Seseorang Lebih Bahagia

Sementara Presiden Tiongkok, Xi Jinping mengatakan pada Selasa, 28 Januari 2020 bahwa Tiongkok yakin akan mengalahkan virus corona yang dilabeli Xi Jinping sebagai virus “iblis” yang telah menewaskan 106 orang per 27 Januari 2020.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X