Perdebatan Donald Trump dengan Aktivis Iklim Davos 2020 di Tengah Pembahasan Pemakzulannya

- 22 Januari 2020, 09:42 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump.* /instagram/@realdonaldtrump

PIKIRAN RAKYAT – Forum Ekonomi Dunia atau yang lebih dikenal dengan World Economy Forum (WEF) merupakan sebuah pertemuan internasional tahunan yang dihadiri oleh seluruh pemimpin negara dunia.

Meskipun pembahasannya selalu cendurung yang berkaitan dengan ekonomi dunia, namun pada tahun ini forum tersebut didominasi dengan isu lingkungan dan perubahan iklim.

Isu perubahan iklim yang mendominasi dalam forum ekonomi tersebut tidak lepas dari sejumlah peristiwa bencana alam dunia yang cukup menggemparkan selama beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Bertekad Hadiri Forum Ekonomi Dunia Davos 2020, Aktivis Iklim Kenakan Pakaian Koala dan Mendaki Gunung Salju selama 3 Hari

Pada pertengahan tahun 2019 lalu misalnya, Indonesia dilanda dengan musim kemarau berkepanjangan yang menyebabkan terjadinya kekeringan, krisis air, hingga kebakaran lahan dan hutan (karhutla).

Ketika memasuki musim penghujan yang dimulai pada Bulan November 2019 bencana yang melanda pun silih berganti.

loading...

Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi antara akhir tahun 2019 hingga memasuki awal tahun 2020 menyebabkan terjadinya bencana banjir yang melanda sejumlah daerah di Indonesia.

Baca Juga: Teh Tawar yang Manfaatnya Tidak ‘Pahit’

Diantara sejumlah peristiwa bencana alam di sejumlah negara, namun yang menjadi perhatian terbesar masyarakat dunia adalah kebakaran hutan Australia.

Kebakaran hutan yang melanda daratan Australia setidaknya telah menyebabkan 28 orang tewas dan satu miliar hewan yang di dalamnya terdapat binatang endemik konservasi Australia mati.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X