Kamis, 2 April 2020

Gelaran Forum Ekonomi Dunia Davos 2020 Didominasi Greta Thunberg Effect

- 21 Januari 2020, 09:04 WIB
Aktivis Swedia Greta Thunberg saat melakukan aksi unjuk rasa #FridayForFuture /AFP

PIKIRAN RAKYAT – Selama satu dekade terakhir dunia mengalami perubahan iklim yang ekstrem.

Salah satu contohnya pada pertengahan tahun lalu, Indonesia dilanda musim kemarau yang berkepanjangan membuat sejumlah daerah mengalami kekeringan dan krisis air.

Tidak hanya kekeringan dan krisis air, Indonesia juga dilanda dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang cukup parah.

Baca Juga: Turnamen Australia Terbuka di Tengah Kobaran Api dan Ancaman Banjir

Bencana ini kemudian bergeser ke arah timur yaitu daratan Australia yang merupakan tetangga Indonesia.

Kebakaran hutan yang masih terjadi hingga saat ini setidaknya telah menyebabkan 28 orang tewas dan satu miliar hewan mati akibat kebakaran yang telah melanda negeri kangguru tersebut sejak November 2019 silam.

loading...

Disaat yang bersamaan, Indonesia saat ini dilanda hujan dengan intensitas yang tinggi hingga menyebabkan terjadinya bencana banjir yang melanda di sejumlah daerah.

Baca Juga: Teh Tawar yang Manfaatnya Tidak ‘Pahit’

Berdasarkan catatan National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) selama satu dekade terakhir merupakan dekade dengan suhu terpanas sepanjang sejarah Planet Bumi.

Sebelumnya diberitakan oleh Pikiran-Rakyat.com pada pekan lalu sebuah aksi unjuk rasa yang menamakan diri sebagai #FridayForFuture terjadi di Kota Lausanne, Swiss.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X