Rabu, 3 Juni 2020

Kasus Virus di Tiongkok Melonjak, Bertambah 17 Korban Terinfeksi

- 19 Januari 2020, 16:00 WIB
ILUSTRASI virus.* /DOK. CANVA

PIKIRAN RAKYAT - Tiongkok melaporkan data terbaru terkait bertambahnya kasus pneumonia menjadi 17 korban penyakit terdampak yang disebabkan oleh jenis virus corona, pada Minggu, 18 Januari 2020.

Hal itu memicu kekhawatiran terkait meningkatnya penyebaran virus tersebut, ketika negara itu bersiap-siap untuk merayakan tahun baru Imlek sebagaimana ratusan juta warganya harus bepergian ke luar negeri.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Komisi Kesehatan Kota Wuhan, hingga kini terhitung tiga pasien sakit parah.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kebugaran dan Pola Hidup Sehat saat Sibuk

Jumlah total pasien yang terinfeksi oleh penyakit di Tiongkok, tepatnya di kota Wuhan, tempat di mana virus berasal, kini telah meningkat menjadi 62 orang.

Bahkan dikabarkan dua orang telah meninggal.

Menyusul peringatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang adanya wabah yang lebih luas, otoritas bandara di Amerika Serikat serta sebagian besar negara-negara Asia, termasuk Jepang, Thailand, Korea Selatan, Singapura dan Malaysia, sedang menyaring pendatang dari Wuhan.

Baca Juga: Politisi NasDem Ingatkan Jangan Ada Kucing-kucingan dalam Pembahasan RUU Omnibus Law

Virus baru ini pasalnya berasal dari keluarga besar coronavirus yang mencakup Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), yang menewaskan hampir 800 orang secara global selama wabah terjadi sejak 2002, yang juga dimulai dari Tiongkok.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X