Selasa, 31 Maret 2020

Pengadilan AS Tolak Gugatan Warga terhadap Pemerintah Terkait Penanggulangan Perubahan Iklim

- 19 Januari 2020, 08:29 WIB
AMERIKA Serikat ikut mengomentari tertangkapnya Duta Besar Inggris oleh Otoritas Iran.* /pixabay

PIKIRAN RAKYAT – Sejak beberapa tahun terakhir dunia mengalami perubahan iklim yang sangat ekstrem.

Salah satu contohnya pada pertengahan tahun lalu, Indonesia dilanda oleh musim kemarau yang berkepanjangan membuat sejumlah daerah mengalami kekeringan dan krisis air.

Tidak hanya kekeringan dan krisis air, Indonesia juga dilanda dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang cukup parah, hampir diseluruh wilayah kepulauan seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa bahkan hingga Papua mengalami hal serupa.

Baca Juga: Catatan NASA dan NOAA: 2019 Merupakan Tahun Terpanas di Planet Bumi

Bencana yang melanda wilayah Indonesia nyatanya belum berhenti, memasuki musim penghujan yang dimulai pada bulan November 2019 lalu hingga awal tahun ini Indonesia dilanda bencana banjir yang cukup parah akibat dari intensitas hujan yang tinggi.

Seperti diberitakan Pikiran-Rakyat.com sebelumnya menurut dua lembaga antariksa, National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dalam satu dekade terakhir, merupakan dekade terpanas sepanjang Planet Bumi.

loading...

NOAA sendiri menghitung kerugian akibat bencana yang terjadi khususnya di wilayah Amerika Serikat, akibat bencana yang melanda negara tersebut membuat negeri Paman Sam ini harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar 1 miliar dolar Amerika Serikat.

Baca Juga: Sempat Cerah Beberapa Hari, BMKG: Jabar dan Sekitarnya Berpotensi Diguyur Hujan Kembali

Adapun bencana yang melanda wilayah Amerika Serikat meliputi kebakaran hutan di California, banjir di sepanjang sisi sungai Missouri, tornado di bagian selatan AS badai tropis Imelda di Texas, dan badai Dorian di Pantai Atlantic.

Menurut laporan terbaru yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters, Pengadilan Federal Amerika Serikat menolak gugatan sejumlah warga yang menuntut pemerintah dalam melakukan penanggulangan perubahan iklim.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X