Rabu, 1 April 2020

Bumi Telah Mengalami Dekade Terpanas, Rekor Suhu di Eropa Mencapai 46 Derajat Celcius

- 18 Januari 2020, 12:41 WIB
SESEORANG berdiri di sebelah Menara Eiffel yang memperlihatkan suhu yang mencapai 42 derajat Celsius di Paris, Prancis, Kamis, 25 Juli 2019. Tahun lalu tercatat dua gelombang panas terjadi di Eropa pada Juni dan Juli, dengan rekor nasional baru tercatat setinggi 46oC di Prancis pada 28 ¬Juni.* /BERTRAND GUAY/AFP

PIKIRAN RAKYAT –  Satu dekade terakhir tercatat ­sebagai dekade terpanas bumi, merujuk data dari tiga lembaga internasional. 

Salah satu indikatornya, tahun lalu tercatat dua gelombang panas terjadi di Eropa, suhunya mencapai 46 derajat Celcius di Prancis, pada 28 Juni. 

Seperti dilansir BBC News, Jumat, 17 Januari 2020, menurut NASA (lembaga antariksa Amerika Serikat), NOAA (Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS), dan UK Met Office (badan cuaca Inggris), suhu tahun lalu tercatat sebagai suhu terpanas kedua dalam catatan rekor sejak 1850.

Baca Juga: Kecelakaan Kerja Timbulkan Banyak Kerugian, Menaker Harap Perusahaan Tingkatkan Pengawasan

Suhu yang tercatat lima tahun terakhir adalah yang terpanas dalam 170 tahun, dengan masing-masing lebih dari 1 derajat Celcius lebih hangat daripada era pra industri.

Data ini bukanlah kejutan besar, karena sebelumnya organisasi me­teorologi dunia (WMO) memberi sinyal pada awal Desember lalu bahwa 2019 kemungkinan menandai akhir dekade terpanas dalam catatan rekor.

loading...

Badan cuaca Inggris, yang terlibat dalam menghasilkan data suhu HadCRUT4, mengatakan bahwa suhu pada 2019 adalah 1,05 derajat Celcius di atas rata-rata untuk periode sejak 1850-1900.

Baca Juga: Manfaat dan Cara Menggunakan Krim Mata Agar Hasilnya Maksimal

Tahun lalu tercatat dua gelombang panas terjadi di Eropa pada Juni dan Juli, dengan rekor nasional baru tercatat setinggi 46 derajat Celcius di Prancis pada 28 Juni.

Rekor baru juga terjadi di Jerman, Belanda, Belgia, Luksemburg, dan Inggris dengan suhu 38,7 derajat Celcius.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X