Rabu, 1 April 2020

Ungkap Kebohongan Pemerintah Iran, Perekam Video Detik-detik Pesawat Ukraina Tertembak Rudal Jadi Buronan

- 16 Januari 2020, 13:53 WIB
sebuah buldozer saat membersihkan potongan puing pesawat milik Ukraina yang jatuh di Iran/Business insider /Business Insider

PIKIRAN RAKYAT - Pada 9 Januari 2020 lalu, tersebar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan sebuah rudal Iran mengenai sebuah pesawat didekat bandara di Teheran, Iran.

Diketahui jika daerah tersebut merupakan tempat terjatuhnya pesawat Ukraina yang jatuh sehari sebelum munculnya video yang diunggah yaitu pada 8 Januari 2020 lalu.

Insiden tersebut menewaskan semua penumpang dan awak kapal yang berjumlah 176 orang, korban didominasi oleh warga negara Iran dan Kanada.

Baca Juga: Alasan di Balik Pentingnya Kecerdasan Emosional bagi Remaja

Pada awalnya, Iran menyangkal jika mereka yang menembak pesawat tersebut. 

loading...

Terlebih pada awalnya, pemerintah Iran sempat berbohong kepada publik, jika kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh masalah teknis di pesawat.

Namun beberapa hari kemudian, Iran mengakui jika pasukannya secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat sipil Ukraina tersebut.

Mereka mengira pesawat tersebut adalah sebuah rudal jelajah.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman BuzzFeed News, sebuah video amatir yang memperlihatkan pasukan militer Iran menjatuhkan pesawat sipil Ukraina tersebut direkam oleh seorang pria berkewarganegaraan Iran.

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia

Sumber: Buzzfeed

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X