Rabu, 29 Januari 2020

Hadapi Iran, Donald Trump Hanya Habiskan Rp 5 Ribu Triliun untuk Belanjakan Alutsista

- 15 Januari 2020, 20:07 WIB
PRESIDEN Trump bersama Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Ketua Gabungan Mark Milley, berbicara kepada anggota militer selama kunjungan Thanksgiving ke Afghanistan.* /Alex Brandon / AP

PIKIRAN RAKYAT - Donald Trump mengklaim negaranya telah menghabiskan sekitar 2 triliun dolar yang disiapkan untuk menghadapi konflik besar dengan Iran. 

Namun, pernyataan tersebut dinilai tidak sesuai dengan data pengeluaran yang sebenarnya.

Meskipun pernyataan Trump sudah sering disampaikan melalui akun resmi twitternya. Pada hari Minggu saja, Trump mencuitkan bahwa 'Amerika Serikat hanya menghabiskan 2 triliun dolar untuk peralatan militer' dan jika perlu dia akan menggunakannya untuk memukul Iran.

Baca Juga: Kunjungan Jokowi ke Abu Dhabi, UEA Dukung Investasi Pembangunan PLTS Terapung Cirata  Rp 1,8 Triliun

Dikutip oleh Pikiran-Rakyat.com dari The Washington Post, pernyataan Donald Trump ini dipatahkan oleh seorang ahli anggaran pertahanan, Todd Harrison.

Harrison menyampaikan jumlah anggaran aktual yang dihabiskan untuk peralatan militer sejak Donald Trump menjabat presiden jauh lebih sedikit, hanya sekitar 420 miliar dolar Amerika.

Artinya, bila satu dolar Amerika Serikat setara Rp 13.675,96. Maka Donald Trump hanya menghabiskan lebih dari Rp 5000 triliun bukan lebih dari Rp 27.000 triliun yang ia klaim.

Kemudian sisa anggarannya banyak digunakan untuk hal-hal seperti personel, operasi, dan pemeliharaan serta penelitian dan pengembangan militer AS.

Baca Juga: Dilengkapi Sistem Senjata Super Kompleks, Perawatan Markas Militer AS Pentagon Habiskan Miliaran Dolar

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: The Washington Post

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X