Rabu, 29 Januari 2020

Dilengkapi Sistem Senjata Super Kompleks, Perawatan Markas Militer AS Pentagon Habiskan Miliaran Dolar

- 15 Januari 2020, 19:20 WIB
SEBANYAK 5.000 prajurit militer Amerika Serikat telah mangkal di Irak.* /REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Mantan kapten Korps Marinir yang bekerja di Project on Government Oversight dan Grazier mengatakan markas militer Amerika Serikat Pentagon lebih sedikit mendapatkan pendapatan.

Bahkan sebagian anggaran dihabiskan terlalu banyak untuk sistem senjata super kompleks yang mahal untuk dirawat.

Sementara merujuk pada jumlah pasukan, Pentagon tidak selalu memiliki peningkatan kemampuan yang diharapkan dengan tingkat investasi di bidang pertahanan.

Baca Juga: Teringat Diana hingga Menjauh dari Ketenaran, 5 Alasan Pangeran Harry Keluar dari Kerajaan

"Kami telah secara dramatis meningkatkan pengeluaran selama beberapa tahun terakhir, tetapi kami memiliki kekuatan yang lebih kecil daripada yang kami lakukan sebelumnya," kata Grazier.

Dia mencontohkan F-35, misalnya, telah digambarkan sebagai 'komputer terbang' karena dikemas dengan teknologi pengawasan yang kompleks yang dirancang untuk menghubungkan ke aset Angkatan Udara lainnya.

Sebagai tanda dari biaya yang luar biasa untuk mempertahankan pesawat generasi berikutnya, pada hari Senin Pentagon dan Lockheed Martin mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan kontrak sebesar 1,9 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 26 triliun untuk layanan dukungan.

Baca Juga: Kontroversi Anggaran Pertahanan Amerika Serikat di Bawah Donald Trump, Pengamat Nilai Tidak Pernah Konsisten

Manajer program Lockheed Martin F-35 Greg Ulmer mengatakan perusahaannya meyakini biaya pemeliharaan F-35 akan sama atau kurang dari jet yang lebih tua.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X