Hacker Rusia Diduga Retas Situs Perusahaan Energi Ukraina yang Berpotensi Pengaruhi Masa Pilpres AS Mendatang

- 14 Januari 2020, 19:46 WIB
SALAH satu perusahaan di Ukranina diduga telah diretas oleh hacker asal Rusia.* /Ruters

PIKIRAN RAKYAT - Peretas militer dari Rusia kabarnya mencoba mencuri email dari perusahaan energi Ukraina yang merupakan tempat Hunter Biden pada Senin, 13 Januari 2020.

Hunter Bidang merupakan putra calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden yang kini duduk di dewan AS. 

Dikutip oleh Pikiran-Rakyat.com dari laman Reuters, bahwa proses perentasan yang dilakukan oleh peretas dari militer Rusia itu telah berjalan sejak bulan November 2019 lalu.

Baca Juga: Menanggung Beban Berat Keluarganya Sendiri, Seorang Perempuan 24 Tahun Meninggal dengan Berat Hanya 21 Kilogram

Motif peretasan itu diduga untuk mencari informasi terkait isu Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menekan para pihak berwenang Ukraina untuk membocorkan penyelidikan terhadap mantan Wakil Presiden AS, Joe Biden dan putranya, Hunter.

Hal tersebut terungkap ketika Trump dijatuhi dakwaan dugaan korupsi, sebuah upaya yang telah menyebabkan Trump dari Partai Republik dimakzulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS. 

Pemakzulan Trump akibat tuduhan penyalahgunaan kekuasaan dan halangan Kongres terhadap Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Baca Juga: Modus Baru Selundupkan Narkoba, Pengedar Campur Ekstasi dengan Bubble Tea

"Anda dapat melihat serangan ini benar-benar mulai berjalan dengan apa yang kami lihat pada tahun 2016," ucap Oren Falkowitz, Kepala Eksekutif Area 1.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X