Rabu, 19 Februari 2020

Indonesia Masih Miliki Potensi Besar untuk Tambah Ekspor Nonmigas ke Afrika Selatan

- 3 Januari 2020, 18:18 WIB
Kegiatan Dubes RI Pretoria 2019 .* /Kemlu

PIKIRAN RAKYAT - Sejak tahun 2015, tren perdagangan Republik Indonesia (RI) dan Afrika Selatan menunjukkan grafik yang fluktuatif.

Meski demikian, Duta Besar (Dubes) RI tidak terlalu mengkhawatirkan neraca perdagangan antara RI dan Afrika Selatan di tahun 2018 yang menunjukkan surplus bagi Afrika Selatan.

Terkait adanya kebutuhan pembangunan infrastruktur yang intensif dalam beberapa tahun terakhir menjadikan pembelian barang modal meningkat dari Afrika Selatan. Hal itu dilaporkan menunjukkan kegiatan produktif di Indonesia.

Baca Juga: Peran Global Fashion Agenda dalam Tercapainya Revolusi Hijau di Industri Fashion

Indonesia juga masih memiliki potensi besar untuk menambah ekspor nonmigas seperti produk otomotif, kelapa sawit serta produk makanan dan minuman ke negara-negara Afrika Sub Sahara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhit B. Pandjaitan sempat melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan dan Industri Afrika Selatan, Ebrahim Patel pada tanggal 18-19 Desember 2019 lalu.

Dalam pertemuan itu Menteri Patel menyambut baik rencana pembahasan Preferential Trade Agreement (PTA) antara RI dengan Afrika Selatan.

Baca Juga: Gerakan Industri Fashion dalam Mencapai Revolusi Hijau

Menteri Patel menginginkan langkah konkret dengan dimulainya studi oleh tim teknis yang diharapkan dapat bertemu awal tahun 2020 di Indonesia. Menteri Patel juga mengindikasikan beberapa potensi investasi oleh pebisnis Indonesia, terutama relokasi industry tekstil dan alas kaki.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Kemlu

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X