Australia Terkepung Api dan Asap Beracun, 100 Titik Kebakaran Muncul Akibat Pemanasan Global

- 19 Desember 2019, 20:30 WIB
Australia alami hari terpanas sepanjang sejarah, kebakaran di mana-mana bahkan asap beracun menghantui kota./ /DOK. THE GUARDIAN

PIKIRAN RAKYAT - Keadaan darurat dideklarasikan di wilayah Australia pada hari Kamis, 19 Desember 2019.

Australia mencapai rekor suhu terpanas sepanjang masa akibat adanya kebakaran hutan.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari The Telegraph, terdapat sekitar 100 titik kebakaran telah terjadi selama berminggu-minggu di New South Wales (NSW) yang diakibatkan karena kekeringan.

Baca Juga: Pertama Kalinya Atlet Berprestasi Asal Ciamis Diganjar Beasiswa

Setengah dari titik kebakaran itu tidak terkendali, termasuk "mega-blaze" yang menghantam Sydney, yang merupakan kota terbesar di Australia, ditambah juga dengan kabut asap beracun.

Pemimpin NSW, Gladys Berejiklian mengatakan, kondisi darurat terjadi selama tujuh hari, dinyatakannya juga bahwa negara tersebut dilanda 'awal musim kebakaran' sejak awal September yang disebabkan oleh kondisi cuaca.

Temperatur hingga kini diperkirakan mendekati 50 derajat Celcius di Australia Selatan dan memuncak pada 45 derajat Celsius di pinggiran barat Sydney.

Sementara itu, angin turbulen berhembus hingga 60 mil per jam diperkirakan akan terjadi sehingga dapat menyulut kebakaran hutan yang semakin dekat ke kota.

Baca Juga: Liverpool Resmi Perkenalkan Pemain Barunya

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: The Telegraph


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X