Jumat, 10 April 2020

Mesut Ozil Dikecam Netizen Tiongkok Usai Suarakan Dukungannya untuk Warga Uighur

- 15 Desember 2019, 09:25 WIB
Mesut Ozil.* /ISTIMEWA

PIKIRAN RAKYAT - Pemain sepak bola Jerman Mesut Ozil pada Jumat, 13 Desember 2019 lalu menyatakan dukungannya kepada warga Uighur di Xinjiang, Tiongkok.

Selain itu, Mesut Ozil juga mengkritik negara-negara Muslim karena tak ada upaya untuk membela warga Uighur

"Alquran dibakar, masjid-masjid ditutup, sekolah-sekolah Muslim dilarang. Para ulama dibunuh satu per satu. Saudara-saudara secara paksa dikirim ke kamp-kamp," tulis Ozil dalam bahasa Turki di akun Instagramnya, @m10_official. pada Sabtu, 14 Desember 2019.

"Orang-orang Muslim diam. Suara mereka tidak terdengar," tambahnya lagi dengan tulisan yang berlatar belakang bidang biru dengan bulan sabit putih, bendera yang oleh separatis Uighur disebut sebagai Turkistan Timur.

Baca Juga: Teror Narkoba di Kanada, 14 Ribu Orang Tewas Hanya dalam 4 Tahun

Tulisan Ozil itu pun langsung menjadi pertanyaan, akankah dukungannya terhadap warga Uighur di Tiongkok berpengaruh dengan karirnya selama jadi pemain di Arsenal.

Namun, komentar pedas sudah terlanjur datang dari warganet Tiongkok, yang mengecam bahkan meminta Arsenal untuk melarang Mesut Ozil bermain dan beraktifitas di Tiongkok

Meski demikian, Tiongkok menghadapi kecaman internasional yang berkembang karena membangun jaringan kamp yang luas di Xinjiang yang bertujuan menghomogenisasi penduduk Uighur untuk mencerminkan budaya Han mayoritas Tiongkok.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia dan para ahli mengatakan lebih dari satu juta warga Uighur dan orang-orang dari etnik minoritas Muslim lainnya telah ditangkap di kamp-kamp di wilayah yang dikontrol dengan ketat.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso

Sumber: Channel News Asia

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X