Kamis, 23 Januari 2020

Hubungan Amerika Serikat dan Korea Utara Diambang Retak Jelang Akhir Tahun 2019

- 14 Desember 2019, 14:31 WIB
Seorang petugas kepolisian berjaga di dekat warga yang mengibarkan bendera Korea Utara dan Amerika Serikat saat melihat iring-iringan Kim Jong Un di Hanoi, Vietnam, 26 Februari 2019. Pejabat Vietnam mengatakan bahwa 3.000 jurnalis dari 40 negara bakal meliput KTT kedua antara Trump dan Kim Jong Un.* /JORGE SILVA/REUTERS

PIKIRAN RAKYAT – Utusan khusus Amerika Serikat diperkirakan tiba di Korea Selatan pada Minggu menjelang tenggat akhir tahun.

Korea Utara memberikan tenggat waktu bagi Amerika Serikat untuk bisa melunakkan pendekatannya terhadap perundingan denuklirisasi yang masih berjalan alot.

Amerika Serikat mengirim utusannya yaitu Stephen Biegun yang akan berada di Seoul selama tiga hari dan berkonsultasi dengan mitranya Lee Do-hoon serta beberapa pejabat lainnya.

Baca Juga: Sukses di SEA Games 2019, Voli Pantai Putra Masuki Babak Kualifikasi Olimpiade 2020

"Kedua pihak akan bertukar pandangan luas tentang situasi terkini di semenanjung Korea dan membahas cara-cara untuk membawa kemajuan besar dalam mencapai denuklirisasi penuh dan perdamaian abadi," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan Jumat 13 Desember 2019.

Selain berada di Seoul, utusan Amerika Serikat tersebut juga akan melakukan perjalanan ke Jepang dan bertemu dengan mitranya dari Jepang.

Dalam beberapa pekan terakhir, ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara semakin meningkat. Korea Utara terus melakukan serangkaian uji coba senjata dan perang kata-kata dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Baca Juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani Masuk Daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia Versi Forbes

Perseteruan antara Amerika Serikat dan Korea Utara dikhawatirkan kembali terjadi setelah kedua Negara tersebut melakukan diplomasi pada tahun lalu.

Kunjungan beberapa orang utusan Amerika Serikat tersebut mencuatkan spekulasi bahwa Amerika tengah berupaya menyelamatkan diplomasi yang selama ini telah terjalin.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Sumber: Antara, Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X