Senin, 20 Januari 2020

Demo Tolak RUU India Melarang Muslim Menjadi Warga Negara, 2 Orang Tertembak Mati

- 13 Desember 2019, 16:55 WIB
Demo tolak RUU menyebabkan munculnya 2 korban jiwa yang timbul akibat adanya tembakan dari pihak keamanan India. /The Guardian

PIKIRAN RAKYAT - Anggota Perlemen di India baru saja menyetujui adanya RUU kewarganegaraan yang melarang pengungsi imigran muslim menjadi warga negara India.

Hal tersebut tengah membuat penduduk resah. Demo besar-besaran telah terjadi, beberapa di antara bahkan telah tertembak mati tepat di bagian kepala.

Dua pengunjuk rasa telah ditembak mati oleh polisi di negara bagian Assam di India selama kerusuhan mengenai undang-undang kewarganegaraan akan disahkan.

Baca Juga: Dirundung Presiden AS Donald Trump, Aktivis Muda Greta Thunberg Beri Sindiran Lewat Bio Twitter

RUU Amandemen Kewarganegaraan (CAB), disahkan oleh majelis rendah parlemen pada Senin, 9 Desember 2019 dan majelis tinggi pada Rabu, 11 Desember 2019 malam.

RUU tersebut telah menghadapi perlawanan sengit dari masyarakat di negara bagian Assam dan Tripura di timur laut.

Terdapat puluhan ribu orang turun ke jalan-jalan ibukota Assam, Guwahati, pada Kamis, 12 Desember 2019 untuk menentang pemerintah yang memberlakukan jam malam.

Dengan terjadinya demo yang dihadiri puluhan ribu orang, terdapat pula bentrokan keras oleh pasukan khusus dan polisi yang menembakkan gas air kepada para pemrotes.

Baca Juga: Pasukan Udara Arab Saudi Serang Markas Amerika Serikat, Hubungan Kedua Negara Memanas

Hal ini menyebabkan pemrotes membakar mobil dan ban, menurunkan papan iklan politik, dan membakar terminal bus dan dua kereta api.

Halaman:

Editor: Alza Ahdira

Sumber: The Guardian

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X