Jumat, 3 April 2020

Dua Kapal Perang Indonesia Tiba di Timor Leste, Disambut Meriah dengan Tarian

- 12 Desember 2019, 12:23 WIB
SEJUMLAH prajurit KRI Usman Harun-359 menarik tali kapal ketika proses sandar di Pelabuhan Dili, Timor Leste, Rabu 11 Desember 2019. KRI Usman Harun-359 dan KRI Sultan Iskandar Muda-367 akan melakukan misi diplomasi di Timor Leste hingga Sabtu.* /ZABUR KARURU/ANTARA

KUPANG, (PR).- Dua kapal perang Indonesia, KRI Usman Harun-359 dan KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Port Visit Indonesia Maritime Envoy (IME)-19B tiba di Dermaga Port Dili, Timor Leste.

Dalam keterangan pers yang diterima pada Kamis pagi, 12 Desember 2019 menyebutkan bahwa kedatangan dua kapal tersebut langsung disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste Sahat Sitorus.

Duta Besar Sahat Sitorus menyampaikan bahwa kehadiran satgas tersebut tentunya akan memberikan hasil positif bagi pertahanan maritim kedua negara.

"Kita berharap tentunya kehadiran teman-teman TNI Angkatan Laut dalam misi diplomasi maritim ini dapat memberikan hasil yang positif untuk pertahanan maritim Timor Leste," ujar dia.

Baca Juga: Gara-gara Bendungan, Tiga Negara Afrika Ini Bersengketa

loading...

Selain itu, dengan adanya misi diplomasi maritim ini diharapkan akan memperkuat jalinan kerja sama antara kedua negara, baik Indonesia maupun Timor Leste yang berbatasan laut dan darat dengan NKRI.

Sementara itu, Komandan Satgas Port Visit IME-19B Kolonel Laut (P) Himawan saat dihubungi Antara dari Kupang menceritakan bahwa saat tiba di dermaga di Dili, pihaknya disambut dengan meriah.

"Kami disambut dengan tarian dan sambutan yang begitu hangat kami terima di Timor Leste," ujar dia.

Ia menjelaskan bahwa dipilihnya Timor Leste sebagai tujuan muhibah, mengingat Indonesia dan Timor Leste memiliki hubungan emosional yang tinggi baik sejarah masa lalu maupun hubungan geneologis atau hubungan kekerabatan antara warga Indonesia dengan Timor Leste.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X