Senin, 27 Januari 2020

Natal 2019 Diprediksi Tak Indah, Perang Dagang AS-Tiongkok Masih Mencekam

- 11 Desember 2019, 10:58 WIB
Pohon natal.* /Pixabay.com

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Amerika Serikat Donald Trump sudah dari jauh-jauh hari memikirkan menaikkan tarif impor baru bagi produk asal Tiongkok.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters, akhirnya Trump memutuskan, pada Minggu 15 Desember, 10 hari dari perayaan Natal akan mengumumkan tarif baru yang digadang mencapai 160 juta dolar Amerika Serikat terhadap barang-barang impor asal Tiongkok.

Dikenal sebagai '4B', yaitu daftar barang-barang impor Tiogkok yang akan terkena tarif baru, misalnya konsol permainan video, monitor komputer, dekorasi Natal, mainan dan barang-barang lainnya termasuk pakaian yang sering diberikan sebagai hadiah.

Baca Juga: Pelaksanaan USBN, Mendikbud Nadiem Makarim Bebaskan Sekolah Ambil Kebijakan

Gedung putih telah berunding berminggu-minggu apakah akan memberlakukan tarif tau tidak. Pihaknya juga mengatakan di awal November lalu kemungkinan akan dihindari jika kesepakatan Fase Satu tercapai.

Ekonomi Gedung Putih bagian perdagangan sekalius perwakilan bidang perdagngan Robert Lighthizer, Larry Kudlow, Peter Navarro dan treasury Secretary Steven Mnuchin diperkirakan akan bertemu Trump dalam beberapa waktu dekat menjelang keputusan tersebut.

Memag sampai saat ini belum ada kejelasan terkait keputusan apa yang akan diambil.

Baca Juga: Netizen Serang Instagram Doan Van Hau, Evan Dimas: Saya Pribadi Sudah Memaafkan

"Mereka mungkin berlaku, mereka mungkin menahan. Dan Presiden Trump akan memutuskan," kata salah satu sumber pada Senin kemarin.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Reuters

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X