Sabtu, 25 Januari 2020

Leonardo DiCaprio Dituding Bakar Hutan Amazon

- 30 November 2019, 10:32 WIB
LEONARDO DiCaprio.*/REUTERS /

SAO PAULO, (PR).- Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyatakan bahwa aktor Hollywood Leonardo DiCaprio membayar untuk kebakaran hutan Amazon yang dirancang.

Akan tetapi, tudingan ditu muncul tanpa menyertakan bukti apa pun dalam selebaran terbaru dari pemimpin sayap-kanan yang menimpakan kesalahan atas kebakaran hutan yang telah menarik perhatian internasional.

Bolsonaro tampaknya mengomentari unggahan-unggahan media sosial yang mengklaim bahwa organisasi lingkungan yang disediakan oleh Dana Margasatwa Dunia (World Wildlife Fund/WWF) membayar gambar yang diambil oleh relawan petugas pemadam kebakaran yang kemudian digunakan untuk meminta sumbangan, termasuk sumbangan 500.000 dolar dari Leonardo DiCaprio.

Baca Juga: Amazon, Kongo, dan Indonesia Jadi Benteng Perubahan Iklim

WWF membantah menerima sumbangan dari Leonardo DiCaprio atau mendapatkan foto dari petugas pemadam kebakaran.

"Leonardo DiCaprio ini adalah pria yang keren, bukan? Memberikan uang untuk membakar Amazon," kata Bolsonaro dalam sambutan singkatnya di depan kediaman presiden seperti diberitakan Antara.

Perwakilan untuk Leonardo DiCaprio tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Leonardo DiCaprio telah menjadi penyeru yang lantang untuk memerangi perubahan iklim, sering mencuit di Twitter tentang masalah lingkungan, termasuk kebakaran hutan Amazon.

Yayasan Leonardo DiCaprio miliknya, yang berfokus pada proyek-proyek yang "melindungi satwa liar yang rentan dari kepunahan," adalah bagian dari Aliansi Bumi (Earth Alliance).

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X