Minggu, 8 Desember 2019

Ganggang Makanan Masa Depan

- 18 November 2019, 15:45 WIB
ILUSTRASI.*/CANVA

JIKA  nanti orang bertanya dari mana anda mendapatkan protein, jawabannya bisa jadi si hijau.

Sementara vegan dan vegetarian menghindari ikan dan kerang, ada jenis makanan laut lain yang perlu kita bicarakan. Itu pun bisa menjadi solusi bagi banyak masalah, termasuk kelangkaan pangan.

Ganggang, si hijau yang berlendir dan mungkin membuat anda ngeri ketika melihatnya di air, sedang diamati oleh para ahli gizi dan pengusaha makanan. Mereka menilainya sebagai anugerah potensial yang kurang lebihnya, belum dimanfaatkan akhir- akhir ini.

Dilansir The Guardian baru-baru ini, para pemburu makanan sehat tentu saja sudah tidak asing lagi dengan ganggang. Jika anda pernah ke toko smoothie akhir-akhir ini, anda mungkin melihat ganggang spirulina pada menunya. Unicorn latte dan semangkuk smooties yang yang pernah anda lihat juga terbuat dari E3 majik biru, jenis ganggang lain.

Seperti yang sudah diketahui oleh para penggemar smoothie, ganggang-ganggang ini memiliki efek yang mengesankan pada kesehatan.

Mereka dikemas dengan berbagai vitamin dan antioksidan, serta lebih banyak protein daripada kebanyakan sayuran. Ganggang ini juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan asam lemak omega 3 yang tepat bagi vegan dan vegetarian.

Ketika kacang dan biji-bijian bisa menjadi sumber omega-3, mereka hanya mengandung satu dari tiga jenis utama yang diketahui sebagai alpha-linolenic acid atau ALA. Dua lainnya, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) sangat berkaitan dengan semua manfaat kesehatan yang pernah anda dengar terkait omega-3 dari kesehatan mental, hingga peradangan. 

Tubuh manusia bisa mengubah ALA menjadi EPA dan DHA, tetapi tidak secara efektif. Ganggang mikro adalah satu-satunya tanaman yang dikenal sebagai sumber DHA dan bisa meningkatkan level EPA dalam tubuh.

Alasan mengapa ikan cenderung unggul sebagai sumber dari dua omega ini adalah karena mereka hidup dari ganggang mikro sendiri. Jadi, jawaban terkait minyak ikan secara sederhana adalah memakan apa yang dimakan ikan.


Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

X